Google Doodle Kembali Ingatkan Kita Pentingnya Penggunaan Masker, Buat Cegah COVID-19
Tangkapan layar Google Doodle

Bagikan:

JAKARTA - Google menampilkan animasi singkat yang mengingatkan kita untuk tetap mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Hal ini senantiasa dilakukan sebagai bentuk kebiasaan baru dalam praktik pencegahan COVID-19, seperti social distancing. 

Animasi Doodle ini memperlihatkan bagaimana huruf-huruf Google yang mengenakan masker atau penutup wajah. Sekalipun vaksin COVID-19 telah ditemukan, bukan berarti masyarakat bisa lengah dan tidak mematuhi protokol kesehatan. 

"Gunakan masker, selamatkan nyawa. Masker masih penting. Karena Covid-19 terus berdampak pada komunitas di seluruh dunia, bantu hentikan penyebaran dengan mengikuti langkah-langkah ini," tulis Google di laman resminya, Selasa, 6 April.

Jika mengetuk animasi Google Doodle, maka pengguna akan diarahkan pada tautan informasi terkait protokol kesehatan dan pencegahan penyebaran COVID-19. Halaman tautan tersebut pun menampilkan total kasus COVID-19 secara global.

Google juga menyertakan situs-situs resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Pusat pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), UNICEF, hingga situs tepercaya di Indonesia yang memuat artikel tentang virus Corona.

Untuk membantu mencegah penyebaran COVID-19, setiap orang harus:

  • Sering-seringlah membersihkan tangan dengan sabun dan air selama 20 detik atau hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60% alkohol.
  • Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit.
  • Beri jarak antara Anda dan orang lain (setidaknya 1 meter).
  • Tutupi mulut dan hidung dengan kain penutup muka saat berada di sekitar orang lain.
  • Tutupi batuk atau bersin dengan tisu, lalu buang tisu ke tempat sampah.
  • Bersihkan dan disinfeksi benda dan permukaan yang sering disentuh setiap hari.
  • CDC merekomendasikan agar orang-orang memakai penutup wajah dari kain di tempat umum dan ketika berada di sekitar orang-orang di luar rumah mereka, terutama ketika tindakan jarak sosial lainnya sulit untuk dipertahankan.
  • Masker wajah dari kain dapat membantu mencegah orang yang mengidap COVID-19 menyebarkan virus ke orang lain.

Selain di Indonesia, Google doodle hari ini juga muncul di Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Guatemala, Honduras, Nikaragua, Kosta Rica, Panama, Kolombia, Venezuela, Ekuador, Peru, Republik Dominika, Bolivia, Chili, Argentina, dan Uruguay.

Tak hanya itu, Finlandia, Inggris, Irlandia, Prancis, Ceko, Slovakia, Hungaria, Romania, Yunani, Ukrania, Bulgaria, Moroko, Algeria, Libya, Mesir, Saudi Arabia, Irak, Oman, India, Kamboja dan Vietnam pun masuk dalam daftar.