Google Doodle Turut Peringati Hari Anak Nasional
Ilustrasi Google Doodle tentang hari anak nasional (dok. Google)

Bagikan:

JAKARTA - Hari ini Kamis 23 Juli merupakan Hari Anak Nasional di Indonesia. Mesin pencarian raksasa Google juga turut merayakannya lewat Google Doodle.

Jika Anda membuka laman awal Google, maka akan muncul Doodle yang menampilkan banyak anak-anak seperti tampak sedang bermain. Dalam gambar warna-warni memperlihatkan bagaimana anak-anak bergembira dengan permainan tradisional.

Ragam jenis permainan dituangkan dalam ilustrasi Google Doodle, mulai dari bermain layangan, perahu-perahuan, baling-baling sampai pesawat terbang yang terbuat dari kertas. Tampak pula rona wajah kebahagiaan mereka ketika sedang bermain.

Sebagai informasi, Hari Anak Nasional di berbagai belahan dunia diperingati dengan waktu dan tanggal yang bervariasi. Ada sebagian besar negara merayakan pada 1 Juni ada pula yang memperingatinya pada 20 November.

Di Tanah Air sendiri, Hari Anak Nasional jatuh pada 23 Juli setiap tahunnya. Hari Anak Nasional diperingati untuk menghormati serta melindungi anak-anak di seluruh Indonesia ini.

Untuk diketahui, Hari Anak Nasional pertama kali ditetapkan oleh Presiden kedua Republik Indonesia, Soeharto pada 1984. Dia memandang anak-anak sebagai aset kemajuan bangsa dan negara.

Melihat itu, Soeharto menetapkan 23 Juli sebagai Hari Anak berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 44 Tahun 1984.

Tidak sampai di situ, pemerintah juga turut andil dalam melindungi anak-anak di Indonesia dengan mendirikan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Komisi ini bertujuan mengawasi pelaksanaan upaya perlindungan anak oleh negara.