Game Interaktif Google Doodle untuk Usir Rasa Bosan di Rumah
Tangkapan layar game interaktif Google (Google Doodle)

Bagikan:

JAKARTA - Google mengkampanyekan gerakan tetap di rumah atau stay at home, selama pandemi COVID-19. Terlebih saat ini, banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk beraktivitas di rumah. 

Melansir laman 9to5Google, untuk mengusir rasa jenuh dan bosan selama di rumah, Google menghadirkan kembali game-game interaktif yang pernah dirilis di Doodle, selama dua minggu ke depan. Permainan yang ditampilkan juga mengikuti tema atau momen peringatan tertentu.

"Seiring dengan COVID-19 yang terus mempengaruhi komunitas di seluruh dunia, orang dan keluarga di manapun menghabiskan lebih banyak waktu di rumah," tulis Google dalam blog Google Doodle.

"Sehubungan dengan hal itu, kami meluncurkan kembali seri game Google Doodle interaktif yang sempat populer beberapa tahun lalu," lanjut Google.

Setidaknya sudah ada empat permainan interaktif yang dihadirkan kembali, lewat Google Doodle sejak, 27 April. Permainan yang pertama berupa 'Coding for Carrots', game interaktif yang dimunculkan Google pada tahun 2017 untuk memperingati ulang tahun ke-50 bahasa pemrograman digital pada suatu aplikasi.

Caption

Permainan ini dirancang agar anak-anak bisa melakukan bahasa coding sederhana, untuk membantu seekor kelinci dalam mendapatkan wortelnya. Anak-anak bisa menciptakan kombinasi perintah sederhana lewat blok-blok yang sudah disediakan. Dengan begitu, kelinci tersebut dapat bergerak sesuai dengan perintah yang telah dimasukkan berdasarkan bahasa pemrograman yang dibuat untuk anak-anak.

Selain itu ada pula, game interaktif Google yang dibuat berdasarkan olahraga Cricket. Permainan ini dibuat untuk merayakan ICC Champions Trophy 2017. 

Cara memainkannya pun sederhana dengan meng-klik lingkaran berwarna kuning untuk mengayunkan tongkat dan memukul bola yang dilemparkan. Adapun karakter permainan ini merupakan serangga dan siput, sebab dalam bahasa Inggris Cricket juga bisa diartikan sebagai jangkrik.

Game-game interaktif lainnya bisa diakses melalui laman Google Doodle. Beberapa di antaranya seperti permainan yang terinspirasi dari animator Oskar Fischinger. 

Kemudian ada pula, game yang terinspirasi dari penyanyi simfoni Clara Rockmore. Menggunakan gesture mouse, warganet bisa memainkan tinggi rendahnya nada suara lewat Theremin hingga 5 oktaf.

Masih banyak game interaktif yang akan dihadirkan oleh Google Doodle. Sekali pun terlewat, permainan ini masih bisa diakses melalui tautan INI. Nantinya Google juga akan menambahkan beberapa game-game interaktif yang mendukung banyak pemain.