Boyong PUBG, Google Stadia Tembus Satu Juta Pemain
Ilustrasi Google Stadia (Twitter @Stadia)

Bagikan:

JAKARTA - Google Stadia telah resmi membuka layanan permainannya. Ditambah situasi saat ini, yang membuat orang lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah selama masa pandemi COVID-19.

Alhasil platform gaming berbasis cloud ini telah diunduh satu juta kali di seluruh dunia. Google Stadia pun memboyong sejumlah game populer pada layanannya, salah satunya PlayerUnknown Battlegrounds (PUBG).

Game PUBG versi Google Stadia ini hadir dalam Pioneer Edition, yang sama dengan update original di PC yakni Season Pass 7. Tak ketinggalan beberapa set skin eksklusif untuk pengguna Stadia.

Game PUBG versi Google Stadia (dok. Google)

Game ini bisa dimainkan secara gratis, bila sudah men-subscriber Stadia Pro. Sedangkan untuk Stadia Free, game PUBG dibanderol dengan harga 29,99 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp460 ribuan. Itu pun belum termasuk Season Pass seharga 39,99 dolar AS.

Melansir The Verge, game PUBG versi Google Stadia sudah mendukung fitur cross-play antar platform. Ditambah lagi karena layanan ini berupa streaming game, pengguna Stadia tak perlu lagi mendownload file game dan tinggal main saja.

Selain PUBG, Google juga telah berkolaborasi dengan EA Games untuk membawa beberapa judul game seperti Star Wars Jedi: Fallen Order, Madden NFL, dan FIFA ke Stadia akhir tahun ini. Bila tak ada halangan, game-game ini akan bisa dimainkan pada rentang bulan September hingga Desember.

Layanan Google Stadia sudah bisa dinikmati penggunanya di 14 negara termasuk Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan 11 negara Eropa lainnya. Sayangnya, platform game berbasis cloud ini belum hadir untuk penggunanya di Indonesia. 

Meski begitu, laman SensorTower juga sempat melaporkan bahwa Stadia berhasil menggaet setidaknya 175.000 pengguna dalam dua pekan pertama, setelah layanan ini diluncurkan pada November 2019 lalu. Layanan gaming dari Google ini juga bisa dinikmati pada sejumlah perangkat desktop (PC), Chromecast, hingga smartphone. 

Untuk memainkan aneka game di Google Stadia, pengguna tak butuh setup konsol apa pun. Cukup dengan sebuah controller dan koneksi internet yang cukup kencang, pengguna bisa bermain.