Google Uji Layanan <i>Streaming Game</i> Stadia di Jaringan 4G LTE
Poster Google Stadia (dok. Google)

Bagikan:

JAKARTA - Google sedang sedang melakukan uji coba jaringan untuk layanan game streaming Stadia. Nantinya Google Stadia bisa dijalankan pada koneksi jaringan 4G maupun 5G. 

Sejak diluncurkan pada November 2019, layanan game berbasis cloud ini baru bisa berjalan pada koneksi internet dengan kecepatan 25 Mbps. Sehingga pemain bisa menikmati game di Stadia dengan resolusi 1080p dengan frame-rate 60 fps.

Sedangkan untuk menikmati resolusi maksimal, yakni 4K dengan frame rate 60 fps, Google menyarankan kecepatan internet minimal 30 Mbps. Namun jika kecepatan internet penggunanya lebih rendah, Google Stadia akan menyesuaikan resolusi yang cocok dengan kemampuan bandwith

Dikutip dari The Verge, pengguna dapat ikut serta dalam uji coba tersebut dengan membuka aplikasi Stadia di ponsel Android, kemudian ketuk avatar, pilih Eksperimen, lalu "Gunakan Data Seluler," menurut Google, Rabu, 29 Juli.

Uji coba tersebut menjadi salah satu dari banyak pembaruan penting pada Stadia sejak diluncurkan, termasuk membawa layanan tersebut ke hampir semua ponsel Android, yang memungkinkan pengontrol Stadia dapat bekerja secara nirkabel dengan perangkat Android.

Dalam situs resminya, Stadia juga mengumumkan empat game gratis yang dapat dimainkan di Stadia Pro mulai 1 Agustus, yaitu "Rock of Ages III," "Zombie Army 4: Dead War," "PUBG Season 8" dan "Orcs Must Die! 3."