Rayakan Ulang Tahun Gerald Jerry Lawson ke -82, Google Doodle Tampilkan Gim Interaktif
Google Doodle rayakan ulang tahun ke-82 Gerald "Jerry" Lawson (foto: Google)

Bagikan:

JAKARTA - Google Doodle hari ini menampilkan sebuah gim interaktif untuk merayakan ulang tahun ke-82 Gerald "Jerry" Lawson, salah seorang bapak gim modern yang memimpin tim pengembangan sistem video gim video rumahan pertama dengan kartrid gim yang dapat dipertukarkan.

Lawson lahir di Brooklyn, New York pada 1 Desember 1940. Sejak kecil, dia sudah tertarik dengan barang elektronik. Ini terbukti di mana dia mampu untuk memperbaiki televisi dan membuat stasiun radio  sendiri menggunakan barang-barang daur ulang. 

Menginjak dewasa, Lawson kuliah di Queens College dan City College of New York sebelum berangkat lebih awal untuk memulai karirnya di Palo Alto, California. 

Di California, Lawson bergabung dengan Fairchild Semiconductor sebagai konsultan teknik dan dipromosikan menjadi Direktur Teknik dan Pemasaran departemen video gim Fairchild di mana dia memimpin pengembangan sistem Fairchild Channel F. 

Pada tahun 1980, Lawson meninggalkan Fairchild dan memulai perusahaannya sendiri, VideoSoft, dengan menciptakan perangkat lunak untuk Atari 2600, yang mempopulerkan kartrid yang dikembangkan Lawson dan timnya. 

Meskipun mereka tutup lima tahun kemudian, Lawson telah memantapkan dirinya sebagai pelopor dalam industri gim dan terus berkonsultasi dengan berbagai perusahaan teknik dan video gim.

Pada tahun 2011, International Game Developers Association mengakui Lawson sebagai perintis industri atas kontribusinya dalam dunia gim.

Doodle Google hari ini menampilkan gim yang dirancang oleh tiga artis tamu dan desainer gim Amerika: Davionne Gooden, Lauren Brown, dan Momo Pixel. 

Berdasarkan pantauan VOI, jika Anda menekan animasi Google Doodle hari ini, Anda akan di bawa ke halaman gim yang memungkinkan Anda untuk bermain gim sederhana sambil menyimak kisah hidup Lawson. 

Setelah gim berakhir, Google akan memberikan Anda kesempatan untuk membuat gim Anda sendiri, dan memainkannya.