Samsung Bikin Aplikasi <i>Self Repair Assistant</i> Mirip Apple
Samsung ingin penggunanya mandiri dan tidak menghabiskan uang banyak untuk memperbaiki ponsel yang rusak (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Samsung ingin penggunanya mandiri dan tidak menghabiskan uang banyak untuk memperbaiki ponsel mereka yang rusak, dengan mengembangkan aplikasi perbaikan mandiri baru.

Aplikasi itu terlihat sedang diajukan di Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (AS) dengan julukan Self Repair Assistant. Ikon aplikasi itu cukup khas untuk dikenali, di mana Samsung mengadopsi warna biru serta ikon roda gigi dan kunci pas di dalamnya.

Samsung menggambarkan Self Repair Assistant sebagai perangkat lunak aplikasi komputer untuk ponsel yang perlu diperbaiki oleh penggunanya sendiri, pemeliharaan dan pemasangan perangkat sendiri termasuk smartphone, jam tangan pintar, komputer tablet dan earbud.

Dari detail pengajuan, tertulis aplikasi itu dapat memberi pengguna panduan perbaikan dan informasi bagian tentang berbagai perangkat Samsung Galaxy.

Aplikasi Self Repair Assistant hadir setelah raksasa asal Korea Selatan tersebut mengumumkan kolaborasinya dengan iFixit awal tahun ini. Hasil kolaborasi itu diketahui menyediakan situs sumber daya perbaikan online dengan suku cadang OEM dan panduan perbaikan.

Melansir The Verge, Rabu, 30 November, saat ini program tersebut memiliki perpustakaan kecil produk, termasuk Samsung S21, S21 Plus, S21 Ultra, S20, S20 Plus, S20 Ultra, dan Tab S7 Plus.

Namun, tidak diketahui pasti apakah Self Repair Assistant ini merupakan bagian dari kolaborasi dengan iFixit atau tidak. Tetapi, dengan hadirnya aplikasi perbaikan menunjukkan Samsung berniat menyediakan pelanggan dengan sumber daya untuk memperbaiki perangkat mereka.

Aplikasi Self Repair Assistant ini  mirip dengan yang dimiliki pesaing Samsung, Apple. Dengan nama Self Service Repair Store, layanan itu menyediakan panduan perbaikan serta suku cadang dan alat Apple asli.

Meski bukan berbasis aplikasi melainkan website, Apple Self Service Repair Store menawarkan lebih dari 200 suku cadang dan peralatan individual, memungkinkan pelanggan yang berpengalaman menyelesaikan perbaikan pada rangkaian iPhone 12 dan iPhone 13 serta iPhone SE (generasi ke-3), seperti layar, baterai, dan kamera.

Akhir tahun ini program tersebut juga akan menyertakan suku cadang, dan alat untuk melakukan perbaikan pada komputer Mac dengan silikon Apple.