Bagikan:

JAKARTA – Samsung menambahkan Gemini, model Kecerdasan Buatan (AI) milik Google, di seri perangkat Galaxy S24. Meski perangkat terbaru mereka dibekali asisten AI buatan Google, Bixby masih belum mati.

Bixby merupakan asisten virtual yang Samsung luncurkan di perangkat Galaxy S8 pada tahun 2017. Perangkat lunak ini mirip seperti Google Assistant dan Siri yang dikembangkan oleh Apple. Sayangnya, perkembangan Bixby masih lambat. 

Di saat Google Assistant dan Siri semakin komunikatif dalam menjawab pertanyaan pengguna, Bixby sedikit tertinggal. Bixby tidak memiliki kemampuan chatbot seperti Gemini meskipun Samsung telah menciptakan terobosan baru yang mereka sebut sebagai Galaxy AI.

Oleh karena itu, Samsung berencana menambahkan AI generatif ke dalam Bixby. Hal ini penting untuk dilakukan karena Bixby merupakan asisten virtual yang bisa ditemukan di hampir seluruh perangkat buatan Samsung. Dengan kata lain, Bixby adalah asisten inti.

"Dengan munculnya teknologi AI generatif dan LLM, saya yakin kita harus mendefinisikan kembali peran Bixby, sehingga Bixby dapat dilengkapi dengan AI generatif dan menjadi lebih pintar di masa depan," kata Wakil Presiden Eksekutif Samsung, Won-Joon Choi, kepada CNBC.

Choi juga menjelaskan bahwa penggunaan AI generatif akan membuat Bixby mendukung percakapan yang lebih alami dan interface-nya akan jauh lebih baik. Dengan demikian, penggunaan AI generatif diyakini sebagai langkah yang tepat.

Saat ini, Samsung sedang berusaha memasukkan kemampuan AI generatif ke dalam Bixby, tetapi belum diketahui kapan pengerjaannya akan selesai. Choi hanya mengatakan bahwa Samsung sedang bekerja sangat keras untuk mendefinisikan ulang Bixby.