Google Rayakan Ulang Tahun Ke-22
Tangkapan layar Google Doodle

Bagikan:

JAKARTA - Tepat hari ini, raksasa mesin pencarian Google genap berusia 22 tahun. Mengingat kondisi pandemi saat ini, Google pun merayakannya dengan ilustrasi bertemakan social distancing.

Google Doodle pun menampilkan animasi huruf "G" yang menjadi awalan situs pencarian itu mengenakan topi ulang tahun lengkap dengan kue. Ditemani huruf lainnya dalam tampilan video call.

Ulang Tahun Google (dok. Google Doodles)

Dalam laman resminya, Google juga menceritakan kisah singkat kelahirannya yang dibuat oleh Larry Page dan Sergey Brin di kampus Stanford. Di mana pada saat itu, orang masih kesulitan untuk berinteraksi dengan kekayaan informasi di World Wide Web (www.)

Sedangkan, kata "Google" diambil dari "googol," konsep bilangan digit 1 diikuti oleh seratus nol. Sebutan ini dungkapkan tahun 1920 oleh Milton Sirotta, keponakan dari ahli matematika Amerika Edward Kasner.

Kasner kemudian mempopulerkan konsep ini dalam bukunya "Mathematics and the Imagination" pada 1940. Selanjutnya, pada 2006, kata "Google" secara resmi ditambahkan ke Kamus Inggris Oxford sebagai kata kerja.

Fitur-Fitur Tersembunyi

Selain menjadi raksasa mesin pencarian terbesar di dunia. Google juga menyimpan sejumlah fitur menarik yang jarang diketahui orang banyak. Berikut beberapa fitur unik yang bisa dicoba saat membuka laman pencarian Google.

1. Ketikan: Askew, maka tampilan Google akan menjadi miring.

2. Ketikan: Breathing Exercise, maka Google akan menampilkan video singkat tentang latihan mengatur napas yang baik. Selama satu menit pengguna bisa melatih pernapasan.

3. Ketikan: Fun Facts, maka Google akan menampilkan informasi random secara acak yang bisa menambah pengetahuan kalian.

4. Ketikan: Google in 1998, seketika laman pencarianmu akan berubah ke versi pertama dari Google saat didirikan pada 4 September 1998.

5. Percaya atau tidak, Google memiliki sejumlah gim interaktif yang disematkan dalam mensin pencariannya, cukup ketikkan "Pac Man", "Play Snake" atau "Solitaire" maka panel atas hasil pencarian akan menampilkan sebuah pop-up untuk bermain.

Masih banyak fitur menarik lainnya, yang tersembunyi di Google. Setidaknya ada lebih 10 fitur tersembunyi dan masih akan bertambah sesuai dengan momen tertentu. beberapa di antaranya bisa dimainkan di laman Google Doodles atau menuliskan langsung lewat mesin pencarian.