Google Doodle Rayakan Hari Perempuan Sedunia dalam Video Animasi Inspiratif
Laman mesin pencarian Google (Google Doodle)

Bagikan:

JAKARTA - Google melalui ilustrasi doodlenya merayakan peringatan International Women's Day atau Hari Perempuan Sedunia yang jatuh pada hari ini Senin, 8 Maret 2021. Google pun menampilkan video animasi singkat nan inspiratif dari peran serta perempuan.

Video ini fokus memperlihatkan sejumlah tangan perempuan yang melambangkan perempuan perintis yang berhasil membukakan pintu dan kesempatan bagi perempuan lainnya, terutama di bidang yang didominasi laki-laki. Misalnya dalam pendidikan, hak-hak sipil, akademisi, seni hingga bidang lainnya. 

"Mereka adalah perempuan pertama yang mencapai sesuatu yang baru secara spektakuler. Mereka yang menerima pengakuan atau hak yang sudah lama tertunda," tulis Google dalam blognya, Senin, 8 Maret.

Video animasi singkat untuk merayakan Hari Perempuan Internasional ini merupakan karya dari ilustrator Helene Leroux. Ia menuangkan ilustrasinya dalam tema 'Women Firsts' sebagai bentuk penghormatan para pelopor di masa lalu, sekarang, dan masa depan.

"Saya ingin mencari cara untuk mewakili beragam pencapaian wanita secara global, sambil mencari tahu siapa 'orang pertama' yang spesifik," kata Leroux.

Hal ini juga sejalan dengan tema perayaan International Women's Day 2021 yakni ‘Women in leadership: Achieving an equal future in a COVID-19 world' atau 'Perempuan dalam Kepemimpinan: Mencapai Masa Depan yang Setara di Dunia COVID-19'.

Di mana pada peringatan Hari Perempuan Sedunia ini, laman resmi UN Women mengangkat gagasan dan upaya para perempuan di seluruh dunia dalam membentuk masa depan dan pemulihan yang lebih setara dari pandemi COVID-19 dan menyoroti kesenjangan yang tersisa.

Selain tampilan di laman mesin pencariannya. Google juga menambahkan serangkaian wallpaper eksklusif untuk perangkat Pixel yang dapat digunakan dalam merayakan Hari Perempuan Sedunia.