Bagikan:

JAKARTA – Google Lens merupakan alat pengenalan karakter optik (OCR) untuk melakukan pencarian visual. Alat ini bisa digunakan untuk mencari dan mengidentifikasi berbagai objek, baik itu hewan, pakaian, atau buku.

Pada ponsel Android, pengguna bisa mengunduh aplikasi Google Lens atau menggunakan alatnya di berbagai aplikasi lain buatan Google. Jika Anda pengguna iPhone dan tertarik untuk menggunakan Google Lens, Anda tetap bisa mengakses alatnya.

Perlu diketahui bahwa Google Lens terintegrasi di beberapa aplikasi Google seperti Chrome atau Google Foto. Anda juga bisa menggunakan aplikasi Google. Jika Anda belum memiliki aplikasinya, Anda bisa mengunduhnya melalui App Store.

Setelah aplikasi terunduh, Anda bisa meluncurkan aplikasinya. Di bilah penelusuran, Anda akan melihat dua ikon yang berbeda. Ikon pertama merupakan fitur Rekam Suara, sementara ikon kedua yang terlihat seperti kamera adalah Google Lens.

Untuk menggunakan alatnya, Anda bisa mengeklik ikon tersebut dan mengizinkan akses ke kamera. Berikutnya, arahkan Google Lens ke objek yang ingin Anda telusuri, lalu ketuk tombol rana di bagian tengah layar.

Setelah diklik, Google Lens akan mengidentifikasi objek dan menampilkan hasil penelusuran yang relevan. Jika hasilnya belum sesuai, Anda bisa ketik kata kunci tambahan di bilah Tambahkan ke Pencarian Anda.

Selain mencari objek, Google Lens juga bisa digunakan untuk menerjemahkan teks secara cepat. Anda hanya perlu mengerahkan kamera ke gambar atau lembar teks yang ingin diterjemahkan, mengklik tombol rana, lalu ketuk tombol Terjemahkan.