Bagikan:

JAKARTA - Gareth Southgate memberikan kabar terkini kebugaran penggawa Inggris yang mengkhawatirkan. Dia mengungkapkan pasukannya belum mencapai performa puncak dan tidak mampu bermain seperti Kualifikasi Euro 2024.

Southgate mengaku bahwa beberapa pilar sudah terkuras habis fisiknya. Termasuk kapten Harry Kane yang bermain jauh di bawah standar saat melawan Denmark, Kamis, 20 Juni 2024.

Kane digantikan pada menit ke-70 dalam laga yang berakhir 1-1 itu. Dia kesulitan untuk tampil tajam sejak kembali dari cedera punggung pada akhir musim lalu.

Meski demikian, Kane menjadi pencetak gol satu-satunya Inggris saat melawan Denmark itu.

"Harry hanya punya satu waktu 90 menit dalam lima atau enam minggu," tutur Southgate soal kebugaran Kane.

Saat ini, Southgate berusaha membuat kebugaran pemain meningkat lagi menjelang laga terahkhir Grup C melawan Slovenia pada 25 Juni 2024.

Salah satunya ialah menjalani sesi latihan yoga yang dipandu oleh dr. Rebekah Jade di Blankenhain, markas Inggris selama Euro 2024.

"Kami tidak menekan dengan cukup baik, dengan intensitas yang cukup. Kami memiliki keterbatasan dalam kondisi fisik."

"Kami tidak bisa menekan setinggi yang kami lakukan di kualifikasi, misalnya. Tidak menjaga bola dengan cukup baik. Sesederhana itu."

"Kami harus menguasai bola dengan lebih baik dan membangun dengan lebih banyak kontrol. Kalau begitu, kami akan lebih sedikit bertahan dan kami akan lebih percaya diri," ujar Southgate dilansir The Sun.

Sementara itu, Southgate tampaknya akan melakukan perubahan susunan pemain saat laga terakhir Grup C melawan Slovenia.

Dia harus mempertimbangkan formasinya agar bisa mendapat tim dengan kebugaran bagus ketika menyentuh fase gugur.

"Kami akan melihat semuanya. Kami akan melihat performa dan melihat lawan berikutnya serta mencari solusi terbaik untuk pertandingan berikutnya."

"Kami merasa hal yang benar untuk dilakukan melawan Denmark adalah memberikan kepercayaan diri kepada pemain yang kami pilih di pertandingan pertama. Kami telah memenangi pertandingan sebelumnya," ujar sang manajer lagi.