Arsenal Lepas Aubameyang ke Piala Afrika Lebih Awal
Pierre-Emerick Aubameyang/Instagram @auba

Bagikan:

JAKARTA - Arsenal melepaskan Pierre-Emerick Aubameyang untuk bergabung dengan timnas Gabon dalam ajang Piala Afrika lebih awal setelah manajer Mikel Arteta memastikan pemain berposisi penyerang itu tidak akan terlibat dalam laga pembuka tahun melawan Manchester City di Emirates, Sabtu, 1 Januari.

Arteta mengatakan Gabon telah mengajukan permintaan agar Aubameyang diizinkan bergabung dengan timnas lebih awal, meskipun konfederasi sepak bola Afrika (CAF) sebelumnya memberi kelonggaran pemain tim-tim Inggris tenggat waktu hingga 3 Januari.

"Kami menerima surat dari timnas Gabon meminta izin untuk memanggil pemain mereka dan pemain yang bersangkutan juga sudah tidak akan terlibat pertandingan kami.. jadi dari segi kebugaran dan kesiapan bertanding, itu langkah yang tepat," kata Arteta dikutip Antara via Reuters.

"Selama penampilannya di Piala Afrika, yang terpenting dia harus fokus dengan timnasnya. Kami sudah berbicara dan sepakat itu langkah terbaik. Kami akan memantau dari laga ke laga," ujarnya menambahkan.

Langkah terbaru Arsenal ini menjadi keputusan tegas berikutnya terhadap Aubameyang yang semakin terpinggirkan dari rencana Arteta sejak dicopot dari jabatan kapten karena "pelanggaran indisipliner".

Penyerang berusia 32 tahun itu sudah absen dalam lima pertandingan terakhir Arsenal di semua kompetisi, setelah terakhir kali tampil dalam laga Liga Inggris melawan Everton pada 6 Desember.

Tahun lalu Aubameyang menandatandangi perpanjang kontrak tiga tahun, tetapi performanya menurun musim ini hanya mencetak empat gol di liga, terakhir pada Oktober.