Bagikan:

JAKARTA - Google meluncurkan kemampuan baru di Google Lens, yang akan memungkinkan Anda menggunakan masukan suara untuk mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang Anda lihat di sekitar. 

Fitur ini merupakan salah satu pembaruan Google Search yang memudahkan Anda mengajukan pertanyaan dan menemukan informasi langsung dari Google, sama seperti Anda bertanya kepada teman. 

Masukan suara untuk Lens sekarang tersedia secara global untuk pertanyaan bahasa Inggris di aplikasi Google untuk Android dan iOS. 

Cara menggunakan masukan suara di Lens

  1. Buka aplikasi Google (Android & iOS) dan ketuk ikon kamera di bilah Pencarian untuk membuka Lens
  2. Arahkan kamera Anda ke apa pun yang ingin Anda tanyakan
  3. Tekan terus tombol rana dan ajukan pertanyaan
  4. Gulir hasilnya, Google akan menyertakan Ikhtisar AI, serta tautan ke situs relevan di seluruh web
  5. Untuk mengajukan pertanyaan lain dengan lantang tentang foto yang Anda ambil, cukup ketuk ikon mikrofon di bagian atas halaman hasil.

Google mengatakan bahwa mengajukan pertanyaan dengan suara menggunakan Lens ini dapat sangat berguna dalam berbagai situasi, terutama jika Anda sedang bepergian. 

“Mungkin Anda sedang mengunjungi museum dan ingin mengetahui sejarah di balik salah satu lukisan. Atau mungkin Anda ingin mengetahui nama burung berwarna-warni yang Anda lihat,” tulis Google dalam pengumumannya.