Fitur Circle to Search Google Akan Bisa Menerjemahkan Tulisan dengan Instan
Ilustrasi terjemahan di Google Lens (foto: Google)

Bagikan:

JAKARTA - Selain menggunakan Google Translate, raksasa penelusuran Google telah mengumumkan bahwa fitur Circle to Search nya kini akan memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan bahasa. 

“Google Terjemahan dapat membantu, tetapi menyalin teks atau beralih ke aplikasi lain dapat membuat Anda keluar dari arus. Untungnya, Circle to Search, tersedia di perangkat Android tertentu, akan segera memungkinkan Anda menerjemahkan apa pun yang ada di layar Anda secara instan,” tulis Google dalam pengumuman terbarunya. 

Jadi dengan hadirnya kemampuan penerjemah di Circle to Search, Anda tidak perlu lagi berganti-ganti situs web. Anda hanya perlu melingkari tulisan tertentu, kemudian Google akan menerjemahkannya secara instan. 

Untuk menggunakan Circle to Search untuk menerjemahkan suatu tulisan, Anda hanya cukup menekan lama tombol beranda atau bilah navigasi dan ketuk ikon terjemahkan. 

Namun, fitur ini belum diluncurkan secara global, namun Google berjanji bahwa terjemahan dalam Circle to Search akan mulai diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang. 

Circle to Search saat ini hanya dapat diakses di perangkat Pixel 7+ dan seri Samsung Galaxy S24, dalam semua bahasa dan lokasi yang menyediakannya. 

“Dan mulai minggu ini, kami meluncurkan Circle to Search ke lebih banyak ponsel Android, termasuk perangkat lipat dan tablet,” tambahnya. 

Sementara menunggu fitur terjemahan di Circle to Search rilis, jika Anda ingij menerjemahkan sesuatu di sekitar Anda, seperti rambu jalan atau poster, Google Lens dapat membantu. 

“Cukup ketuk ikon Lens di aplikasi Google dan pilih filter terjemahan. Lens akan secara otomatis mendeteksi bahasa sumber dan memadukan teks terjemahan dengan aslinya,” tutup Google.