Percantik Tampilan Layar Android Kamu dengan Enam <i>Widget</i> Google Berikut Ini
Enam widget Google yang berguna untuk Anda (Foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Jika Anda pengguna Android sejak lama, mungkin sebagian Anda pernah merasakan bosan dengan tampilan layat yang begitu-begitu saja. Padahal, banyak sekali aplikasi Google yang sangat berguna untuk ditambahkan ke layar beranda Anda dan tentunya akan mempercantik penampilannya.

Aplikasi Google yang sudah diinstal sebelumnya di ponsel Anda menyertakan berbagai widget praktis yang akan membantu Anda menyelesaikan lebih banyak hal dengan lebih cepat. 

Wallpaper cantik, aplikasi favorit Anda, dan beberapa widget berguna di atasnya, seperti itulah tampilan layar beranda yang bagus untuk Anda. Kali ini, VOI akan membahas beberapa widget yang sangat berguna dari enam aplikasi Google yang harus segera Anda tambahkan ke layar beranda, melansir dari Makeuseof.

  • Quick Capture oleh Google Keep

Jika Anda memiliki kebiasaan membuat banyak catatan di perangkat Android Anda, widget Quick Capture dari Google Keep adalah penyelamat. Dengan widget ini, Anda dapat dengan cepat memilih jenis catatan yang ingin Anda buat tanpa harus masuk ke aplikasi.

Widget memungkinkan Anda memilih dari lima jenis catatan termasuk catatan teks, daftar, catatan audio, gambar, dan catatan foto. Secara default, widget menggunakan ubin 3x2 di layar beranda Anda, tetapi Anda dapat mengubah ukurannya menjadi 2x1, 3x1, atau 4x1 tergantung pada preferensi Anda.

  • Temukan Tempat Terdekat dengan Cepat & Bagikan Lokasi dengan Google Maps

Widget Temukan tempat terdekat dengan cepat oleh Google Maps membantu Anda menavigasi lingkungan lebih cepat dengan menampilkan ubin yang direkomendasikan seperti Rumah, Restoran, Kopi, dan Hotel. 

Secara default, widget menggunakan ubin 3x2 di layar beranda, tetapi Anda dapat mengubah ukurannya menjadi 2x2 atau 4x2. Anda dapat melihat minimal empat dan maksimal delapan rekomendasi.

  • World oleh Google Jam

Seperti namanya, widget World oleh Google Clock adalah jam dunia sederhana. Sementara widget jam lainnya lebih terbatas, Google Clock memungkinkan Anda menambahkan sejumlah besar kota yang lucu hingga 32 kota

Anda mungkin tidak terlalu memerlukan fitur ini, tetapi fitur ini tetap merupakan alat yang hebat untuk menunjukkan waktu beberapa kota sekaligus. Secara default, widget mengambil ubin 4x2 di layar beranda Anda, tetapi Anda dapat mengubah ukurannya ke hampir semua konfigurasi.

  • Widget Google Berita

Banyak yang menggunakan Google Berita untuk mengejar berita yang relevan. Jika Anda salah satunya, Anda dapat menggunakan widget aplikasi untuk melihat berita utama menarik tentang topik yang Anda minati. Rekomendasi diberikan berdasarkan apa yang diketahui Google tentang Anda.

Widget ini juga memiliki alat cuaca bawaan untuk memberitahu suhu. Anda dapat melewati judul jika menurut Anda tidak menarik atau ketuk Liputan Penuh jika Anda menyukainya dan ingin membaca seluruh artikel. Widget mengambil ubin 4x2 di layar beranda dan tidak dapat diubah ukurannya.

  • Widget Google Documents, Spreadsheet, dan Slide

Jika Anda adalah seseorang yang sangat berinvestasi dalam produk Google Workspace dan menggunakan Google Dokumen, Spreadsheet, dan Slide setiap hari, mungkin berguna untuk menempatkan widget masing-masing di layar utama Anda.

Setiap widget hanya membutuhkan ubin 1x1 dan membantu Anda membuat dokumen, spreadsheet, atau presentasi baru dengan cepat.

  • Tindakan Cepat oleh Google Drive

Dengan widget tindakan cepat Drive oleh Google Drive, Anda dapat dengan cepat mencari, mengunggah, atau memindai file di Google Drive Anda. Widget mengambil ubin 3x1 secara default tetapi dapat diubah ukurannya menjadi 2x1, 3x2, atau 4x1. Ini memiliki tampilan yang sama dengan widget Quick Capture Google Keep.

Di widget, Anda akan melihat lima tombol berbeda yang memberi Anda pintasan ke tugas umum:

  • Drive: Buka aplikasi Google Drive.
  • Cari: Cari file di Drive Anda.
  • Unggah: Unggah file dari penyimpanan ponsel ke Drive Anda.
  • Kamera: Ambil foto dan langsung simpan ke Drive Anda.
  • Tambahkan: Buat folder baru, Dokumen, Spreadsheet, atau Slide untuk disimpan di Drive Anda.