Pertama Kalinya Bagi Bank Lokal Jerman, Commerzbank Ingin Terjun ke Bisnis Uang Kripto
Commerzbank, ingin terjun ke bisnis kripto di Jerman. (foto: Commerzbank.com)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu lembaga perbankan terbesar di Jerman telah mengkonfirmasi bahwa mereka mengajukan lisensi uang kripto  lokal awal tahun ini. Langkah ini, menandai pertama kalinya sebuah bank besar bergerak menuju cryptocurrency di Jerman.

Seorang juru bicara dari Commerzbank mengkonfirmasi ke Börsen-Zeitung pada 14 April bahwa mereka telah “mengajukan permohonan untuk lisensi penyimpanan crypto pada kuartal pertama tahun 2022.” Jika disetujui, maka mereka  akan diizinkan untuk menawarkan layanan pertukaran bersama dengan penjagaan dan perlindungan aset kripto.

Commerzbank melayani lebih dari 18 juta pelanggan dan lebih dari 70.000 klien institusional, dan penawaran mata uang kripto  dilaporkan akan menargetkan basis klien institusionalnya.

Sejak 1 Januari 2020, bisnis apa pun yang ingin menawarkan layanan mata uang kripto  di Jerman harus terlebih dahulu meminta persetujuan dari Otoritas Pengawas Keuangan Federal, yang juga dikenal sebagai BaFin.

Saat ini, hanya empat perusahaan yang memiliki persetujuan, tetapi BaFin menyatakan memiliki lebih dari 25 aplikasi yang tertunda dari perusahaan yang ingin mengoperasikan bisnis penyimpanan kripto.

Coinbase Jerman adalah yang pertama disetujui oleh regulator pada Juni 2021, dan perusahaan teknologi keuangan yang berbasis di Berlin, Upvest, baru-baru ini juga disetujui untuk mendapatkan lisensi pada bulan Maret.

Commerzbank telah memulai keterlibatan dalam proyek-proyek blockchain sejak 2018 dan melakukan beberapa transaksi pertama pada platform pinjaman keamanan teknologi ledger terdistribusi (DLT) dengan bank-bank besar lainnya pada tahun berikutnya.

Baru-baru ini, pada Agustus 2021, perusahaan bermitra untuk mengembangkan pasar digital berbasis blockchain untuk kelas aset yang ada seperti seni dan real estat.

Jerman memperkenalkan serangkaian reformasi, peraturan, dan adopsi lebih lanjut dari teknologi blockchain dan mata uang kripto pada tahun 2021.

Investor Jerman juga tertarik untuk mengadopsi kripto. Laporan bulan Maret oleh KuCoin mengungkapkan bahwa 44% orang Jerman “termotivasi untuk berinvestasi dalam mata uang kripto” dan “37% investor kripto  Jerman telah memperdagangkan mata uang kripto selama lebih dari setahun.”.