Setara Rp3,3 Triliun, Krakatau Steel Bayar Utang ke Commerzbank AG 216 Juta Dolar AS
Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Krakatau Steel (Persero) Tbk melunasi utang senilai total 216,02 juta dolar AS atau setara dengan Rp3,3 triliun kepada Commerzbank. Pembayaran utang tersebut dilakukan perseroan pada 12 Oktober 2022 lalu.

Commerzbank AG merupakan bank terbesar kedua di Jerman. Bank tersebut adalah kreditur Krakatau Steel dalam membangun pabrik Hot Strip Mill ke-2 (HSM2).

Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim menjelaskan, pelunasan seluruh pinjaman terutang kepada Commerzbank AG ini merupakan bagian dari strategi perusahaan ke depan dalam memperkuat bisnis inti.

"Krakatau Steel sudah membayar total 487,7 juta dolar AS atau sebesar Rp7,4 triliun dalam 2,5 tahun terakhir ini sejak dimulainya proses restrukturisasi," katanya di Jakarta, Jumat 14 Oktober.

Adapun rincian pembayaran utang Krakatau Steel yang sudah dibayar pada periode dari 2020-2022 yaitu terdiri dari utang Tranche A sebesar 27,7 juta dolar AS, Tranche B sebesar 200 juta dolar AS dan pinjaman kepada Commerzbank AG sebesar 260 juta dolar AS.

Silmy menegaskan bahwa mulai dari tahun 2020 tren peningkatan kinerja Krakatau Steel semakin membaik dari waktu ke waktu. Krakatau Steel akan terus mempertahankan konsistensi ini dengan menjadi lebih kompetitif.

"Juga meningkatkan penjualan dengan memaksimalkan potensi dan kapabilitas yang dimiliki," tuturnya.