Bagikan:

JAKARTA - Google Meet akan meluncurkan alat baru yang disebut take a notes for me, dan akan mulai diluncurkan untuk pelanggan Google Workspace tertentu. 

Google mengatakan bahwa Take notes for me adalah fitur bertenaga AI di Google Meet yang akan secara otomatis mencatat ringkasan rapat, sehingga Anda dapat fokus pada diskusi, kolaborasi, dan presentasi selama rapat berlangsung. 

“Ini akan membantu Anda lebih hadir dan terlibat selama rapat, sekaligus memastikan informasi penting terekam untuk pencatatan dan tindak lanjut,” tulis Google dalam pengumumannya. 

Setelah rapat, dokumen catatan nantinya akan langsung dilampirkan ke acara kalender tempat peserta internal organisasi Anda dapat mengaksesnya. 

Dokumen Notes akan disimpan di folder drive pemilik rapat dan akan mengikuti kebijakan penyimpanan Meet yang telah dikonfigurasikan oleh organisasi Anda.

Jika pengguna juga mengaktifkan rekaman dan transkrip rapat, rekaman dan transkrip tersebut akan ditautkan dalam dokumen catatan. 

Pelanggan Google Workspace dengan add-on Gemini Enterprise, Gemini Education Premium, dan AI Meetings & Messaging akan menjadi orang pertama yang memiliki akses ke fitur pencatatan ini.

Saat peluncuran nanti, fitur ini akan tersedia saat menggunakan Google Meet di komputer atau laptop, dan rapat harus dilakukan dalam bahasa Inggris lisan.