Google Meet Kini Punya Fitur Transkip Otomatis, Berguna Buat yang Suka Terlewat Materi!
Fitur transkip otomatis Meet sekarang tersedia dalam bahasa Inggris, (foto: Ilustrasi Photo Dok. Google Meet)

Bagikan:

JAKARTA - Saat menghadiri rapat terkadang kita melewatkan materi atau informasi yang dipaparkan, untuk mencegah hal itu Google sekarang menghadirkan transkip otomatis pada layanan konferensi video Meet-nya.

Di Meet, pengguna sudah dapat menyimpan panggilan rapat sebagai file videp dan kini Google menambahkan fitur transkip otomatis untuk meringankan pekerjaan pengguna yang gemar merekam materi saat rapat.

Fitur transkip otomatis Meet sekarang tersedia dalam bahasa Inggris, dengan dukungan untuk bahasa Prancis, Jerman, Spanyol dan Portugis akan hadir pada 2023.

Google mengatakan, dengan adanya fitur transkrip juga akan memungkinkan Meet untuk menawarkan analitik dan fitur lain berdasarkan rekaman ini, tetapi untuk saat ini, perusahaan belum meluncurkan salah satu dari itu.

Melansir TechCrunch, Rabu, 12 Oktober, Google bukan menjadi pelopor fitur transkip, lebih dahulu Microsoft Teams lebih dari setahun yang lalu telah menawarkan fitur serupa dalam bahasa Inggris.

Selain transkip, Google juga mengumumkan bahwa mode pendamping Meet sekarang berfungsi di perangkat seluler dan pengguna dengan kamera bertenaga AI dari Huddly dan Logitech kini dapat menggunakan pembingkaian adaptif sehingga ikon speaker selalu diposisikan dengan baik dalam bingkai.

Dua fitur Meet berguna lainnya juga dikabarkan akan tiba pada awal 2023. Salah satunya meeting room check-in. yang akan memungkinkan pengguna melihat daftar semua peserta. Google juga akan mulai menampilkan nama beberapa orang yang bergabung dalam rapat dari ruang konferensi fisik yang sama.

Terakhir, Google Chat juga mendapatkan beberapa fitur baru seperti emoji khusus, ruang siaran satu arah untuk menyebarkan informasi ke seluruh tim atau perusahaan tanpa harus khawatir tentang komentar yang tidak layak dan percakapan berulir sebaris.