Pavel Durov Bangga Teknologi TON Kini Berkembang Jadi Toncoin
TON pada Kamis lalu mengumumkan kemitraan dengan Donate. (foto: pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Pendiri dan CEO Telegram, Pavel Durov, telah menyatakan kegembiraannya tentang teknologi Telegram Open Network (TON) yang masih berkembang setelah Telegram secara resmi meninggalkan proyek tersebut tahun lalu.

“Saya bangga bahwa teknologi yang kami ciptakan masih hidup dan berkembang. Dalam hal skalabilitas dan kecepatan, TON masih bertahun-tahun di depan segalanya di dunia blockchain, ”kata Durov dalam sebuah posting Telegram pada Kamis, 23 Desember yang dikutip Cointelegraph.

Dia mencatat bahwa proyek tersebut berganti nama dari TON menjadi Toncoin. Berbeda dengan TON asli, proyek baru ini tidak bergantung pada Telegram. “Tapi saya berharap timnya sukses sama. Ditambah dengan strategi go-to-market yang tepat, mereka memiliki semua yang mereka butuhkan untuk membangun sesuatu yang epik,” katanya.

Pernyataan Durov muncul di tengah Donate, layanan pembayaran terverifikasi Telegram, bersiap untuk mengaktifkan donasi di Telegram menggunakan cryptocurrency Toncoin.

TON pada Kamis lalu mengumumkan kemitraan dengan Donate, mengatakan bahwa pengguna akan segera dapat memberikan donasi dan membayar langganan mereka di Toncoin. Pada saat yang sama, administrator saluran akan dapat mengumpulkan pendapatan mereka dalam cryptocurrency. Layanan Berlangganan sebelumnya mengumumkan berita tersebut pada Senin, 20 Desember.

TON adalah blockchain yang dibuat oleh dua bersaudara, Nikolai dan Pavel Durov, pada tahun 2017, tetapi keduanya dan Telegram mengundurkan diri dari proyek tersebut pada tahun 2020 setelah pertempuran panjang dengan Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat. SEC secara khusus memenangkan kasus di mana ia menuduh Telegram melanggar undang-undang sekuritas AS dengan melakukan penawaran koin perdana senilai $1,7 miliar pada tahun 2018.

Meskipun Telegram secara resmi menghentikan proyek lebih dari setahun yang lalu, gagasan TON belum ditinggalkan, dengan proyek sumber terbuka asli memunculkan sejumlah spin-off independen.

Pada saat penulisan, komunitas TON Rusia memiliki hampir 160.000 pelanggan di saluran Telegram resminya, sementara komunitas Toncoin global memiliki sekitar 50.000 pengikut.

Di tengah berita terbaru, harga Toncoin telah mengalami pertumbuhan yang signifikan, melonjak lebih dari 23% selama 24 jam terakhir dan diperdagangkan pada 2,93 dolar AS pada saat penulisan, menurut data dari CoinGecko.

Harga token TON tertinggi sepanjang masa adalah 4,5 dolar AS yang tercatat pada 12 November. Token tersebut terdaftar di beberapa bursa kripto terbesar di dunia, termasuk OKEx, FTX, dan EXMO.