Peluncuran iPhone 14 Dikabarkan Bakal Terjebak di Chip Lawas, Yakin Mau <i>Upgrade</i>?
Tahun depan, seri iPhone 14 dikabarkan akan meluncur. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Apple kerap melakukan penyegaran saat meluncurkan produk terbaru mereka, terutama iPhone. Tahun depan, seri iPhone 14 dikabarkan juga akan meluncur. Tetapi sepertinya, chipset dalam gawai tersebut mengalami masalah.

Menurut laporan terbaru, TSMC sebagai mitra Apple dalam membuat prosesor, kini sedang berjuang memproduksi chip 3nm untuk iPhone 14, yang diklaim sebagai A16 Bionic.

Pada titik ini, TSMC berada di tengah transisi ke teknik proses 3nm. Seri iPhone 13 menampilkan chip A15 Bionic Apple yang didasarkan pada proses 5nm. Jika TSMC tidak dapat merampungkan chip 3nm tepat waktu, maka kemungkinan besar iPhone 14 masih akan terjebak dengan chip 5nm yang telah digunakan selama tiga tahun berturut-turut.

Prosesor 3nm TSMC akan memungkinkan iPhone 14 mengkonsumsi lebih sedikit energi, dan membuat masa pakai baterai yang lebih baik tanpa perlu menambah ukuran.

Mengutip Wccftech, Kamis, 4 November, analisis oleh The Information of Apple, menduga bahwa dengan terjebaknya iPhone 14 pada chip lawas, akan menyebabkan beberapa pelanggan menunda upgrade perangkat mereka untuk satu tahun lagi dan memberi pesaing Apple sedikit lebih banyak waktu untuk mengejar ketinggalan.

Terlepas dari rintangan ini, TSMC masih diharapkan untuk meluncurkan chip 3nm di depan persaingan dari Intel dan Qualcomm. TSMC dan Apple telah bekerja sama selama bertahun-tahun dan kedua perusahaan bergantung satu sama lain sampai batas tertentu.