Apple Produksi Chip 3nm untuk iPhone dan Mac, Intel Makin Tertinggal
Apple dilaporkan akan menggunakan proses 5nm lebih canggih untuk chip Mac generasi kedua. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Apple sepertinya akan kembali mengguncang Intel berkat chip 3 nanometer (nm) nya. Kedua perusahaan ini memang kerap bersaing pada bisnis chip.

Chip M1 milik Apple menandakan awal dari berakhirnya hubungan Apple dengan Intel, dan Intel pun terguncang. Menurut laporan The Information terbaru, Apple dikabarkan telah mengerjakan dua generasi berikutnya dari silikon Mac.

Chip M1, M1 Pro, dan M1 Max semuanya dibuat dengan proses 5nm. Apple dilaporkan akan menggunakan proses 5nm lebih canggih untuk chip Mac generasi kedua yang diharapkan akan terlihat pada tahun 2022.

Beberapa chip 5nm yang disempurnakan dapat menampilkan dua cetakan, dan akan menggandakan kinerja komputer Mac tempat Apple menginstal mereka. Apple dapat membuat gelombang pada tahun 2023 dengan pengenalan chip 3nm pertamanya.

Dilansir dari BGR, Sabtu, 6 November, sumber mengatakan bahwa Apple dan TSMC bekerja sama untuk memproduksi chip 3nm untuk Mac yang dapat menampilkan hingga four dies dan 40 core CPU. Apple juga diklaim telah menamai tiga prosesor generasi ketiganya Ibiza, Lobos, dan Palma.

Masih dengan sumber yang sama, bahwa chip generasi ketiga Apple akan dengan mudah mengungguli prosesor Intel di masa depan untuk PC konsumen. Analis menyatakan bahwa chip yang dibesut Intel pada tahun 2023 tidak akan mampu menantang prosesor Apple.

Lalu Bagaimana Intel Bisa Bersaing?

Semua ini bukan kabar baik bagi Intel. Untuk saat ini, pembuat chip tetap unggul dengan prosesor Alder Lake. Di mana hasil Geekbench 5 dari prosesor Core i9-12900K menghancurkan M1 Pro dan M1 Max. Core i9 memiliki skor multi-core rata-rata sekitar 18.500, sedangkan M1 Pro dan M1 Max berada di sekitar 12.500. Chip baru Intel mungkin mengonsumsi lebih banyak daya, tetapi masih lebih cepat daripada chip komputer andalan Apple.

Terakhir, laporan tersebut juga mencatat bahwa Apple berencana untuk beralih ke proses 3nm untuk chip iPhone 2023-nya juga yang diklaim sebagai iPhone 14. Namun, sepertinya iPhone tersebut masih akan tetap menggunakan chip lawas pada proses 5nm.

Sebab belum lama, TSMC dikabarkan tidak dapat merampungkan chip 3nm tepat waktu. Prosesor 3nm TSMC akan memungkinkan iPhone 14 mengonsumsi lebih sedikit energi, dan membuat masa pakai baterai yang lebih baik tanpa perlu menambah ukuran.

Dengan terjebaknya iPhone 14 pada chip lawas, akan menyebabkan beberapa pelanggan menunda upgrade perangkat mereka untuk satu tahun lagi dan memberi pesaing Apple sedikit lebih banyak waktu untuk mengejar ketinggalan.