Begini Cara <i>Unsend</i> Pesan WA Sampai Tuntas!
Cara menarik pesan WA yang sudah lama (CPOMagazine)

Bagikan:

JAKARTA - Sebenarnya, sudah sejak lama WhatsAp menambahkan fitur unsend pada aplikasi pengiriman pesan miliknya. Fitur ini berfungsi agar pengirim bisa menarik pesan yang akan dikirimkan. Berkat kehadiran fitur ini, pengguna pun bisa meminimalisir kesalahpahaman dari pesan yang salah kirim.

Hanya saja, fitur tersebut cuma bisa dipakai dalam durasi waktu 7 menit. Artinya, jika pesan sudah dikirimkan lebih dari tujuh menit, pengguna sudah tidak lagi menariknya.

Maka, jika Anda salah mengirim pesan dan sudah lewat tujuh menit, satu-satunya cara untuk mencegah salah sangka adalah dengan menghapusnya. Tapi, masalah tidak berhenti di situ. Pasalnya, fitur Delete for Everyone biasanya menyisakan pemberitahuan ‘Pesan Telah Dihapus’ pada halaman penerima.

Lantas, apakah ada solusi untuk menarik pesan WA yang sudah lama dan tidak bisa ditarik? Jawabannya, ada. Hanya saja, Anda memerlukan trik khusus untuk melakukan hal tersebut. Merangkum penjelasan dan temuan dari Metro, berikut ini cara menarik pesan WA yang sudah lama.

  1. Anda perlu menonaktifkan koneksi internet pada perangkat. Baik koneksi dari WiFi atau kuota data provider.
  2. Selanjutnya, tutup aplikasi. Ingat, ditutup. Bukan sekadar di-minimize.
  3. Jika sudah, buka aplikasi Pengaturan, lalu ubah tanggal menjadi sebelum tanggal dari pesan dikirimkan. Misal pesan dikirimkan hari ini, Jumat, 12 Maret. Maka, ubah pengaturan jadi hari kemarin, yakni hari Kamis, 11 Maret.
  4. Kemudian buka aplikasi WhatsApp lalu buka pesan yang ingin ditarik
  5. Anda bisa menjalankan langkah menghapus pesan WhatsApp seperti biasa. Cukup mudah. Tekan dan tahan agak lama pesan yang ingin ditarik, lalu ketuk ikon tong sampah yang muncul di bagian bawah
  6. Setelah itu akan muncul menu Delete for Everyone yang tadinya hilang untuk pesan berumur lebih dari tujuh menit
  7. Apabila pesan sudah terhapus, kembalikan pengaturan waktu pada perangkat ke tanggal yang benar
  8. Terakhir, nyalakan kembali sambungan internet

Cara di atas juga bisa Anda terapkan pada ponsel iPhone. Tentu dengan penyesuaian pada bagian mengubah tanggal dan waktu. Selain itu, langkah-langkah yang diperlukan tidak jauh berbeda.

Semoga cara menarik pesan WA yang sudah lama di atas bisa membantu Anda mencegah salah paham akibat salah mengirim pesan.