Jadi Kapan Telkom Grup akan Buka Blokir Netflix?
Ilustrasi layanan Netflix (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Desas-desus mengenai rencana Telkom Group membuka blokir layanan video streaming Netflix, kian santer terdengar. Bahkan rumor mengatakan, jika wacana ini akan segera terwujud dalam waktu dekat. 

Menurut sumber terdekat, rencana blokir Telkom kepada Netflix akan segera terwujud dalam waktu dekat. Tak diketahui pasti kapan, namun banyak rumor mengatakan Telkom akan memberikan akses Netflix pada pekan pertama Juli 2020.

Artinya, seluruh pengguna layanan internet Telkom Group, mulai dari IndiHome hingga Telkomsel, bakal bisa mengakses dan streaming Netflix tanpa VPN (virtual private network). Keputusan ini mengakhiri blokir Netflix yang dilakukan Telkom pada seluruh layanan internet mereka sejak Januari 2016.

"Kita tunggu saja ya. Nanti saatnya akan disampaikan," kata sumber tersebut dalam pesan singkatnya, Kamis, 2 Juli.

Pernyataan di atas ini terbilang menarik. Sebab bila dilihat sebelumnya, terkait isu pembukaan blokir Netflix ini, Telkom Group selalu mengatakan 'layanan Netflix belum bisa diakses' atau 'masih dalam pembicaraan'.

Rencana pembukaan pemblokiran terhadap Netflix sebelumnya juga pernah disinggung oleh Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro. Kala itu Setyanto mengatakan, pembukaan akses Netflix oleh Telkom Group tetap mempertimbangkan apakah Netflix mau memenuhi regulasi pemerintah.

"Kalau mereka mau mengubah agar lebih comply dengan regulasi, terutama mengenai content dan take down policy, dan juga mau lebih memberdayakan produsen konten lokal, maka kami siap untuk membuka Netflix di Indihome maupun Telkomsel," ungkapnya dalam sebuah webinar yang diselenggarakan Tempo pada 11 Juni 2020.

Terlepas dari rencana Telkom Group, Netflix sendiri baru-baru ini menjalin kerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menyajikan sejumla tayangan dokumenter dan yang disiarkan TVRI. Ini kali pertama tayangan Netflix mengudara di televisi, sejak ekspansinya ke Indonesia pada 2016 sampai sekarang. 

Kalau pun Telkom Group masih memblokir layanan Netflix. Beberapa operator seluler lainnya justru tidak membatasi akses streaming video on-demand dari situs asal Amerika Serikat itu. Beberapa contoh di antaranya seperti XL dan Smartfen.