Kabar Gembira untuk Pelanggan Telkom, Kini Netflix Sudah Bisa Ditonton
Layanan streaming Netflix (Aditya/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar gembira bagi pengguna IndiHome dan operator seluler Telkomsel. Pasalnya Telkom Group akhirnya membuka blokir akses layanan streaming film Netflix.

Berdasarkan pantauan, sejumlah karyawan VOI yang menggunakan operator Telkomsel juga sudah bisa membuka platform video streaming asal AS pada hari ini, sekitar pukul 14.02 WIB. Tak hanya pelanggan Telkomsel, pengguna lainya seperti IndiHome, dan Wifi.id juga sudah bisa mengakses konten-konten Netflix.

"Telkom mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix untuk pasar Indonesia dan karenanya memberi kesempatan pada pelanggan TelkomGroup untuk dapat mengakses beragam konten hiburan," ungkap Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo melalui keterangan resmi yang diterima VOI, Selasa 7 Juli.

Menurut Arif, pendekatan yang telah dilakukan Telkom Group menunjukkan komitmen serius Netflix untuk bisa diterima masyarakat Indonesia. Termasuk dengan ketersediaan tools dalam sistem untuk pembatasan akses atas tayangan sensitif dan ketidaksesuaian umur bagi pelanggan (parental control).

Tidak hanya itu, Netflix juga berjanji akan sesegera mungkin mendengar masukan dan bersedia menyelesaikan keluhan dari Pemerintah atau regulator, dalam waktu 24 jam atau sesuai dengan kurun waktu yang ditentukan oleh pihak yang berwenang.

"Netflix juga menyepakati komitmen kepatuhan pada "Self Regulatory Code for Subscription Video on Demand Industry in ASEAN" untuk tidak menayangkan konten-konten yang melanggar hak cipta, mengandung pornografi anak, terorisme dan melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) serta yang mendiskreditkan kelompok masyarakat tertentu," lanjutnya.

Dengan implementasi tersebut, Telkom menyambut baik itikad Netflix sebagai peluang meningkatkan kualitas layanan melalui ragam konten hiburan, termasuk konten lokal. "Ke depannya Telkom berharap agar Netflix dapat lebih berperan pada kemajuan perfilman nasional dengan memperbanyak tayangan produk konten lokal,” imbuh Arif.

Namun, sejauh ini Telkom Group selaku penyedia jasa internet, belum memberi paket khusus untuk pelanggannya dalam menikmati konten Netflix. "Kita posisi saat ini baru buka aksesnya saja," tutupnya.

Respon Positif Warganet

Warganet di Twitter yang mengetahui hal ini pun turut berbahagia. Pasalnya setelah empat tahun, mereka menantikan keputusan Telkom Group untuk segera membuka blokir akses tayangan Netflix.

Tagar IndiHome yang merupakan penyedia layanan Internet Service Provider (ISP) milik Telkom Group pun ikut menjadi trending topic. Keputusan ini mengakhiri blokir Telkom Group kepada Netflix yang berlangsung sejak Januari 2016.

Kala itu, blokir disebabkan oleh kebijakan konten yang tidak disepakati antara Netflix dan Telkom, termasuk soal take down policy hingga keamanan konten.