PS5 Jadi Konsol Gim dengan Ukuran Terbesar
Sony PlayStation 5 (dok. Sony PlayStation)

Bagikan:

JAKARTA - Pre-order atau pemesanan konsol PlayStation 5 (PS5) telah dimulai di beberapa negara. Konsol ini pun langsung diserbu para gamer yang sudah menanti penerus dari PS4.

Meski Sony sudah mengungkap sejumlah informasi penting terkait PS5, namun belum ada wujud fisik dari konsol next-gen ini. Kabar terbaru dimunculkan oleh National Communications Commission Taiwan, NCC menunjukkan jika PS5 ini memiliki ukuran bongsor dibanding konsol gim pada umumnya. 

Dimensi fisik PS5 (dok. Sertifikasi National Communications Commission Taiwan, NCC)

Di mana ukuran resmi dari Sony PS5 adalah 390 x 260 x 104 mm dengan bobot sekitar 4,5 kg. Ukuran konsol yang tergolong cukup besar, sekalipun dibandingkan dengan PS4 Pro yang mempunyai ukuran fisik 327 x 295 x 55 mm dengan bobot 3,3 kg. 

Dengan ukuran bodi yang cukup besar, tentu akan menyulitkan sebagian orang untuk menempatkan PS5 agar tetap estetis. Salah seorang netizen @keisawada membuat ilustrasi dengan memodelkan ukuran nyata dari PS5 ketika disandingkan dengan TV.  

Terlihat bagaimana kesan bongsor PS5 akan melekat ketika disandingkan dengan TV berukuran 30 inci. Bahkan jika dibandingkan dengan PS4, Xbox Series X, atau Nintendo Switch ukuran PS5 terlihat jauh lebih tinggi dan besar

Alhasil satu-satunya cara untuk menempatkan konsol ini dengan meletakkanya dalam posisi berdiri (vertikal). Sehingga pengguna tak membutuhkan ruang ekstra untuk menempatkan PS5. 

Sebelumnya, Vice President of UX Design PlayStation, Matt MacLaurin sempat membeberkan alasan mengapa PS5 harus dirancang dengan ukuran yang besar. Menurutnya hal itu berguna untuk manajemen suhu konsol agar tetap terjaga. 

"Ini menyangkut masalah suhu. Generasi terbaru ini bisa dibilang merupakan sebuah komputer kecil, meski (chip) dengan proses fabrikasi 7nm memiliki kinerja yang baik, tenaga yang dihasilkan juga cukup besar, ungkap Matt Maclaurin, seperti dikutip The Verge.

PS5 sendiri mulai diluncurkan pertama kali pada 12 November di Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Meksiko, Selandia Baru, dan Korea Selatan. Berlanjut sekitar sepekan kemudian ke negara-negara lainnya termasuk di kawasan Asia.

PS5 versi "reguler" akan dibanderol harga sebesar 499 dolar AS atau senilai Rp7,3 juta. Sementara untuk PS5 versi digital, Sony mematok harga yang lebih terjangkau, yakni 399 dolar AS atau sekitar Rp5,9 juta.