Sony Kenalkan Fitur Baru untuk PS5 Versi Beta, Ini Daftar Lengkapnya!
Sony baru saja meluncurkan perangkat lunak sistem PlayStation 5 (PS5) beta.(foto: dok. Sony)

Bagikan:

JAKARTA - Sony baru saja meluncurkan perangkat lunak sistem PlayStation 5 (PS5) beta dengan sejumlah fitur yang diminta penggemar, termasuk obrolan suara Discord dan dukungan Variable Refresh Rate untuk resolusi 1440p.

Pengguna konsol PS5 sekarang dapat bergabung dengan obrolan suara Discord dan dengan mudah mengobrol dengan teman di sebagian besar platform gim lainnya.

Untuk memulai, tautkan akun Discord dan PlayStation Network dari konsol PS5. Kemudian, gunakan aplikasi Discord di perangkat seluler atau komputer untuk melakukan obrolan suara Discord di konsol PS5, pastikan aplikasi Discord telah diperbarui ke versi terbaru.

Selain itu, pengguna juga dapat membiarkan teman Discord mereka melihat status online dan gim apa yang mainkan.

Sebagai catatan, jika sebelumnya pengguna pernah menautkan akun PlayStation Network dan Discord untuk menampilkan gim apa yang dimainkan, penggun harus menautkan kembali akun mereka di konsol PS5 untuk memberikan izin baru yang diperlukan untuk obrolan suara Discord.

Melansir blog resmi Sony, Jumat, 3 Februari, sekarang pengguna juga dapat mengirim permintaan Share Screen atau mulai berbagi layar dengan teman, langsung dari profilnya. Cukup pilih ikon Share Screen di profil teman untuk memulai sesi baru.

Lebih lanjut, pada kartu obrolan suara, ikon yang dapat bergabung akan ditampilkan untuk anggota grup yang memainkan permainan yang dapat pengguna ikuti. Pengguna dapat langsung bergabung dengan gim dan memilih pemain, lalu pilih Join Game dari menu.

Di hub gim, pengguna sekarang dapat melihat siapa teman mereka yang memiliki gim serupa, siapa yang sedang online, dan siapa yang sedang memainkan gim tersebut. Bahkan, pengguna juga dapat mengakses profil teman, di mana lebih banyak opsi interaksi akan diberikan.

Versi beta baru PS5 juga memberikan akses pengguna untuk mengunggah tangkapan layar atau klip gim dari konsol PS5 ke PS App, sehingga mereka dapat membaginya dengan teman.

Di Fitur Game Library, sekarang pengguna bisa mencari gim PSVR dan PSVR2 yang akan datang, serta mengurutkan juga memfilter gim saat menambahkan gim baru ke daftar.

Terdapat juga fitur di mana pengguna dapat memilih siapa yang dapat bergabung dan siapa yang dapat mengundang pemain lain ke gim multipemain apa pun yang telah dibuat.

Sekarang, Sony juga lebih memudahkan pengguna untuk mengakses data tersimpan dari gim PS4 ke konsol PS5. Notifikasi baru akan muncul saat mereka mengunduh atau menginstal gim PS4 ke PS5, yang menyatakan bahwa data yang disimpan PS4 kini tersedia.

Jika pengguna ingin mentransfer data dari konsol PS5 saat ini ke yang baru, versi beta sekarang memungkinkan mereka melakukannya dengan jaringan Wi-Fi pada koneksi LAN. Termasuk hal-hal seperti gim, data tersimpan, profil pengguna, pengaturan, tangkapan layar, dan video.

Perusahaan juga mendatangkan beberapa opsi baru untuk fitur aksesibilitas Screen Reader, termasuk memberi tahu pengguna di mana posisi mereka saat ini dalam menu dan di mana dia dapat berpindah dalam menu tersebut.

Pemilik pengontrol nirkabel DualSense sekarang juga dapat memperbarui perangkat lunak di dalamnya dengan koneksi nirkabel.

Kini pengguna juga dapat menikmati performa visual yang lebih mulus saat menggunakan layar HDMI 2.1 yang kompatibel dengan VRR pada resolusi 1440p, saat memainkan gim yang mendukung VRR.

Hadir juga pembaruan pada parameter pengujian output 1440p konsol PS5, memungkinkan dukungan 1440p untuk rentang tampilan HDMI yang lebih luas.

Untuk memeriksa apakah perangkat HDMI pengguns kompatibel, buka Pengaturan klik Layar dan Video pilih Output Video klik Uji Output 1440p.

Terakhir, pengguna di AS dan Inggris yang kedapatan mengakses versi beta PS5 ini bisa mencoba perintah suara untuk merekam gim.

Pengguna dapat mengatakan, "Hai PlayStation, rekam itu" untuk menyimpan klip video, atau jika menginginkan waktu tertentu, mereka dapat mengatakan, "Hai PlayStation, rekam 5 menit terakhir".

Atau, pengguna juga dapat mengatakan, "Hai PlayStation, mulai merekam” untuk memulai klip video, lalu ucapkan, "Hai PlayStation, hentikan perekaman" untuk mengakhirinya.

Perlu dicatat, semua fitur ini di PS5 masih dalam versi beta, bukan versi final-nya, maka Sony dapat mengubahnya saat dirilis ke audiens konsol PS5 umum.