Diam-Diam Sony Rilis PS5 Model Baru dengan Bobot Lebih Ringan
Konsol PS5 baru hanya tersedia di toko-toko Australia, dan mulai dijual di Amerika Serikat (AS). (foto: Martin Katler / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sony diam-diam telah merilis konsol terbaru andalannya PlayStation 5 (PS5) Standard Edition, terlihat memiliki kode CFI-1102A. Namun apa yang menjadi pembeda dari perangkat PS5 sebelumnya?

Mengutip The Verge, Rabu, 25 Agustus, PS5 baru  ini memiliki sejumlah perbedaan dengan PS5 model lama  dengan kode CFI-1000. Salah satunya yakni menyoal bobot 300 gram lebih ringan.

Bobot PS5 yang pertama adalah 3,9 kg, sementara yang baru hanya 3,6 kg. Sayangnya, belum diketahui komponen apa yang digunakan Sony untuk mengurangi berat konsol terbarunya itu. PS5 versi ini diprediksi makin bertenaga berkat chip khusus dari AMD.

Perubahan lainnya juga terlihat saat Sony menyertakan skrup dudukan dasar yang dapat disesuaikan tanpa menggunakan obeng di PS5 Standard Edition baru ini. Skrup tersebut didesain untuk mampu dikencangkan langsung menggunakan tangan sehingga lebih praktis. Pengguna tak perlu alat bantu apapun untuk menyesuaikan posisi konsol dengan penopangnya.

Pengguna Twitter @bdp2007 juga telah men-tweet foto yang tampak seperti pembaruan pada keseluruhan stand, dengan desain penjepit baru.

Tidak hanya itu, Sony juga akan membuka kunci slot SSD M.2 di bagian samping sisi konsol. Dengan demikian, pengguna bisa menambah ruang penyimpanan untuk gim favorit mereka. Tersedia pula pembaruan dalam penguji beta, mencakup peningkatan pada UI dasbor PS5, dukungan audio 3D untuk speaker TV internal, dan cara yang lebih baik untuk membedakan antara versi game PS4 dan PS5.

Penasaran? Ya, kalian harus bersabar lebih dahulu karena konsol PS5 baru hanya tersedia di toko-toko Australia, dan mulai dijual di Amerika Serikat (AS). Belum diketahui kapan perangkat ini juga tersedia di wilayah lain, mengingat situasi kelangkaan chip di dunia. Sony pun mengaku kewalahan dengan masalah tersebut.