Dokumen Rahasia Sony Diungkap ke Publik, Kapan PS6 Akan Rilis?
Ilustrasi konsol gim Sony (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Setelah sukses dengan PlayStation 5 (PS5), beredar kabar bahwa Sony telah mengantongi rencana peluncuran PS6. Lalu kapan PS6 akan rilis?

Kapan PS6 Akan Rilis?

Sony telah meluncurkan PS5 pada bulan November 2020. Namun jumlah yang diluncurkan sangat terbatas lantaran komponen yang kurang. Meski demikian, PS5 tetap dianggap sukses dalam peluncurannya.

Terbaru, beredar rencana peluncuran PS6 yang akan dilakukan Sony. Rencana tersebut terungkap dalam sebuah dokumen yang di dalamnya mengatakan bahwa PS6 akan dirilis pada tahun 2027. Dengan begitu pengguna masih bisa menikmati PS5 sampai saat ini.

Sebuah dokumen yang dibuat oleh perusahaan mengatakan bahwa dominasi PS5 dianggap tak akan bertahan lama. Bahkan ada anggapan bahwa usia PS5 cukup pendek dibanding semua konsol PS terhitung sejak PS1.

Pengungkapan dokumen tersebut memang pada dasarnya bersifat rahasia. Namun, semua itu bisa diketahui karena Otoritas Pasar Persaingan Inggris (Competition Market Authority/CMA) yang melakukan penyelidikan pada upaya Microsoft untuk mengakuisisi Activison Blizzard. Karena penyelidikan tengah dilakukan, perusahaan Sony terpaksa mengumumkannya kepada masyarakat umum.

Tahun peluncuran PS6 yang tercantum dalam dokumen tidak dijelaskan secara gamblang. Namun dalam dokumen dikatakan bahwa Microsoft akan menyediakan gim buatan Activision untuk PlayStation hingga tahun 2027. Hal itu yang kemudian dianggap jadi pertanda bahwa PS6 akan diluncurkan tahun 2027.

"Pada saat Sony Interactive Entertainment (SIE) meluncurkan generasi lanjutan dari konsol PlayStation (yang kemungkinan besar akan rilis sekitar {disamarkan}). Konsol itu akan kehilangan akses ke Call of Duty dan judul Activision lainnya, sehingga sangat rentan konsumen beralih dan rentan menurunkan daya saing," demikian ungkap Sony di dokumen rahasia mereka.

Indikasi tak hanya itu saja, spekulasi tahun peluncuran PS6 makin jelas karena tahun jeda antar generasi PlayStation yang biasanya yakni tujuh tahun. Hal itu diketahui dari tradisi perusahaan. PS5 sendiri diluncurkan pada tahun 2020, sehingga kemungkinan besar perusahaan Sony akan meluncurkan konsol gim baru pada 2027.

Tradisi perusahaan yang berkaitan dengan jeda peluncuran produk baru PS sebenarnya bisa mencapai 10 tahun lebih, antargenerasi. Misalnya, PS1 sampai PS3 jedanya bisa sampai 11 hingga 13 tahun. Akan tetapi sejak PS4, jedanya hanya tujuh tahun, demikian dikutip dari Gizchina.

Meksi rumor peluncuran PS6 santer terdengar, namun belum ada kepastian fitur apa saja yang akan ada di PS6. Akan tetapi muncul rumor yang menyatakan bahwa kemungkinan ukuran penyimpanan PS6 lebih besar dibanding PS5 mengingat ukuran gim akhir-akhir ini membutuhkan ruang yang cukup besar, demikian dikutip dari The Sun.

Itulah informasi terkait kapan PS6 akan rilis. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.