Kembali Cetak Sejarah, PlayStation 5 Ludes Terjual 10 Juta Unit Secara Global
PS5 penjualannya mencetak rekor dalam setahun terakhir. (foto: dok. Sony)

Bagikan:

JAKARTA - Baru saja PlayStation 5 (PS5) mencetak sejarah dengan penjualan tercepat dibanding pendahulunya. Konsol gim terbaru Sony yang diluncurkan November lalu kini telah membuat heboh seluruh dunia.

Dihimpun dari ScreenRant, Kamis 29 Juli, Sony Interactive Entertainment mengumumkan bahwa PlayStation 5 telah terjual lebih dari 10 juta unit secara global selama sembilan bulan dari peluncuran, Ini menjadikannya sebagai konsol PlayStation dengan penjualan tercepat dalam sejarah.

Sony berterima kasih kepada pelanggannya atas dukungan mereka dalam membantu PS5 mencapai tonggak sejarah ini. Mereka  menyebutkan kerja keras tim pengembangan produk dalam membuat sistem dan mengekspresikan kegembiraan dalam gim masa depan seperti Horizon Forbidden West dan sekuel God Of War Santa Monica Studios.

Tak heran dengan pencapaian ini, karena sejak awal diluncurkan angka penjualan untuk PS5 langsung melesat tajam. Bahkan  terjual lebih dari 4,5 juta unit bahkan sebelum akhir tahun 2020. Catatan ini terus berlanjut hingga tahun baru, melampaui Xbox Series X seiring berjalannya waktu.

Bahkan dinobatkan sebagai konsol dengan penjualan tercepat dalam sejarah Amerika Serikat (AS) pada bulan April. Memang, Nintendo Switch lebih dahulu berhasil menjual lebih banyak dari PS5 pada Februari dan Maret, tetapi semakin jelas bahwa Sony memulai dengan awal yang baik dalam iterasi terbaru dari apa yang disebut Perang Konsol dan membuat sejarah di antara miliknya sendiri.

Sebenarnya, PS5 tidak selalu mulus untuk sampai ke titik ini. Perusahaan sempat dihadapkan dengan kekurangan konsol yang parah saat diluncurkan karena beberapa faktor berbeda, termasuk kekurangan chip prosesor vital yang berkelanjutan sehubungan dengan pandemi COVID-19.

Tidak hanya itu, banyak calo online yang menargetkan PS5 dan Xbox Series X saat diluncurkan. Mereka  menggunakan bot untuk mengambil unit dan menjualnya kembali di eBay dengan harga yang jauh lebih tinggi. Sony telah berusaha menghadapi tantangan ini, dengan meningkatkan produksi PS5 sepanjang musim panas untuk memenuhi permintaan pasar yang tinggi.

Sony sangat senang dengan pencapaian ini. PS5 banyak digemari karena  konsol ini menunjukkan penampilan yang luar biasa di antara para gamer bahkan belum setahun sejak diluncurkan. Apalagi  didukung oleh fitur gameplay mutakhir dan deretan judul gim eksklusif yang kuat, dengan lebih banyak lagi yang direncanakan untuk masa mendatang.

Image Credit: Dok. Sony