Cara Menyembunyikan Video yang Disukai di TikTok, Biar Pacar <i>Nggak Kepoin </i> Akun Kita
Aplikasi TikTok yang tengah mewabah di dunia. (Photo by Antonbe on Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Hingga saat ini, TikTok sudah digunakan di lebih dari 150 negara dengan jumlah pengguna harian lebih dari 1 juta. Dan menurut situs Business of Apps, 22 juta di antaranya berasal dari Indonesia. Anda salah satunya?

Ya, di Indonesia, popularitas TikTok dinilai sukses menggeser platform media sosial pendahulu. Seperti Facebook, Twitter, hingga Instagram. Bahkan, ketika Instagram mulai meluncurkan fitur Reels, TikTok masih menjadi rujukan dan sumber hiburan netizen Indonesia.

Jika Anda sudah cukup lama menggunakan platform bikinan ByteDance ini, tentu akan menemukan ada banyak video yang disukai dan tersimpan. Dan seperti kita tahu, setiap video yang kita sukai akan muncul pada halaman profil. 

Jika konten yang Anda sukai bersifat ‘aman’, tentu halaman profil tak akan jadi sumber keributan dengan pacar. Tapi, lain soal jika Anda suka iseng membagikan Like ke konten-konten yang dibikin wanita cantik. Bisa jadi awal peperangan!

Tahukah Anda jika TikTok menyediakan fitur untuk mengontrol akun yang boleh dan tidak boleh menonton video yang disukai. Ya, Anda bisa melakukan itu lewat pengaturan privasi pada aplikasi. 

Jika Anda mengaktifkan pengaturan tersebut, orang lain tidak akan tahu video yang Anda sukai. Lantas, bagaimana caranya? 

Di bawah, tim VOI sudah rangkumkan dari berbagai sumber beberapa cara menyembunyikan video yang disukai di TikTok. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka aplikasi TikTok, lalu masuk ke halaman Profil akun Anda. Caranya, ketuk menu ‘Me’ yang terletak di pojok kanan bawah dari layar.

2. Selanjutnya, ketuk ikon titik tiga yang terletak di pojok kanan atas dari layar untuk masuk ke menu Pengaturan.

3. Jika sudah, Anda akan melihat beberapa pilihan menu pada layar. Ketuk menu ‘Privasi’

4. Usap layar ke atas hingga Anda menemukan menu ‘Keamanan’ dan ketuk menu ‘Video yang Disukai’

5. Layar akan berganti dan menampilkan pemberitahuan baru. Terdapat dua pilihan yang bisa Anda tentukan, yakni ‘Semua Orang’ atau ‘Hanya Aku’. Jika memilih menu ‘Semua Orang’, artinya setiap video yang disukai bisa disaksikan oleh orang lain yang membuka akun Anda. Sedangkan untuk menu ‘Hanya Aku’, seluruh video yang disukai hanya bisa dilihat Anda sendiri

6. Nah, untuk memastikan bahwa video yang disukai cuma bisa dilihat Anda, maka pilih menu ‘Hanya Aku’

Hanya enam langkah saja, Anda sudah bisa menyembunyikan video yang disukai di TikTok. Tak rumit, pun sulit, bukan? 

Jadi, jika Anda merasa khawatir pacar yang kepoin akun TikTok, segera jalankan langkah di atas.