Cara Menggunakan VR Box: Bisa Untuk Android dan iPhone
Cara Menggunakan VR Box (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - VR adalah pembicaraan terbaru kota. Jika Anda pernah melihat orang-orang dengan kacamata hitam besar di kepala mereka melambai-lambaikan tangan seolah-olah sedang berkelahi atau menari atau bergerak, maka itulah VR untuk Anda. Itu adalah jenis VR yang terhubung ke komputer tempat game dimuat. Lalu bagaimana cara menggunakan VR box?

VR tampaknya hanya dapat dimainkan melalui PC yang kuat. Salah! Model headset VR yang lebih baru saat ini jauh lebih mudah diakses karena memungkinkan ponsel Anda untuk menyalakannya.

Tidak ada komputer berspesifikasi game yang mahal, tidak ada program mahal, hanya perangkat Android dan iPhone biasa dan Anda siap untuk bermain.

Jadi bagaimana cara kerjanya?

Cara Menggunakan VR Box

Headset VR

Hal pertama yang pertama. Salah satu hal utama yang Anda perlukan untuk memainkan VR adalah headset. Headset VR adalah kacamata hitam besar yang Anda kenakan di kepala. Karena sangat besar, mereka terlihat seperti kacamata penyelam tanpa warna neon.

Bagaimanapun, headset VR adalah tempat Anda benar-benar melihat apa yang terjadi di dunia maya. Sudut pandang pemakai menjadi sudut pandang karakter utama dalam permainan. Jika Anda bermain Minecraft, harap setiap gerakan yang Anda lakukan dengan kepala akan tercermin pada karakter Anda.

Headset VR membutuhkan pengontrol tangan dan satu set headphone yang bagus untuk melengkapi pengalaman VR. Untuk satu hal, Anda tidak dapat mengontrol apa pun tanpa pengontrol tangan tersebut.

Selain itu, satu set headphone yang bagus akan memastikan Anda merasa seperti benar-benar berada di dalam game dengan membuat suara tersebut senyata mungkin.

Headset VR untuk Ponsel Anda

Seperti disebutkan sebelumnya, ada headset VR yang lebih mudah diakses dan terjangkau saat ini. Anda bahkan bisa membuat tangan Anda kotor dan membuat model DIY! Headset itu adalah tempat Anda dapat memasang iPhone atau ponsel Android untuk bermain.

Salah satu headset VR paling populer adalah Samsung Gear VR. Headset ini kompatibel dengan Samsung seri S6 dan S7 serta beberapa model Note terbaru mereka.

Dengan $100, Anda bisa mendapatkan pengalaman VR yang terjangkau di mana Anda dapat menelusuri sejumlah game di perangkat lunak Samsung Oculus Home. Jika ada, Samsung Gear VR adalah headset yang membantu menjadikan VR lebih umum.

Tentu saja, Google akan selalu mengatakan sesuatu tentang teknologi baru apa pun. Google Cardboard benar-benar headset paling unik di luar sana karena satu alasan sederhana - terbuat dari karton.

Jika Anda pernah mendengar tentang add-on kardus Nintendo Switch itu, maka Anda tahu bahwa itu adalah konsep yang sama (walaupun tidak benar-benar terbukti siapa yang meniru siapa). Google Cardboard dapat digunakan oleh Android dan iPhone, dan harganya sangat terjangkau. Jika Anda tidak memiliki ponsel Samsung, di sinilah Anda harus memulai.

Terakhir, Anda memiliki Merge VR Goggles. Headset ini memungkinkan Anda bermain menggunakan Android atau iPhone dan mungkin itu adalah VR paling nyaman yang akan Anda gunakan. Sangat nyaman orang menjulukinya sebagai "kacamata marshmallow".

Terbuat dari busa yang dapat mengikuti bentuk wajah Anda, sehingga Anda merasa lebih nyaman dengan headset ini. Itu juga hadir dalam 10 warna yang menyegarkan, jadi ini adalah pilihan yang sangat baik untuk anak-anak dan remaja.

Ponsel mana yang Kompatibel?

Beruntung bagi Anda, ada banyak smartphone yang kompatibel dengan headset VR untuk ponsel. Untuk memberi Anda petunjuk, seri Samsung S10 adalah pilihan yang sangat baik untuk VR.

Ada juga semua Google Pixel mulai dari model generasi ke-2. Untuk iPhone, semua ponsel dari iPhone 6 ke atas dapat digunakan untuk VR.

Sulit untuk mencatat semua ponsel yang kompatibel; posting ini akan terlalu panjang jika semuanya tercantum di sini. Tetapi untuk membantu Anda, inilah yang harus Anda ketahui: setiap headset VR memiliki fitur kompatibilitasnya sendiri.

Jika Anda sudah memiliki ponsel, cari headset VR yang kompatibel dengannya. Jika Anda berencana membeli ponsel baru, pilih headset VR terbaik untuk Anda dan cari ponsel yang kompatibel dengannya.

Setelah mengetahui cara menggunakan VR box, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!