Paus Sperma Mati Mengenaskan di Pantai Craigmoe, Saat Otopsi Ini yang Ditemukan di Perutnya
Seekor paus sperma mati secara perlahan dan menyakitkan di pantai Nova Scotia awal bulan ini . (foto: dok. MARS)

Bagikan:

JAKARTA - Seekor paus sperma mati secara perlahan dan menyakitkan di pantai Nova Scotia awal bulan ini setelah menelan 330 pon sampah yang bersarang di perutnya. Paus itu ditemukan di pantai berbatu di Craigmore, dekat Judique di Cape Breton, Kanada.

Paus jantan sepanjang 45 kaki itu tampak kurus kering ketika mendarat pada 4 November, dan meskipun tim bekerja untuk menyelamatkan paus itu, namun ia mati keesokan harinya.

Koperasi Kesehatan Satwa Liar Kanada melakukan otopsi segera setelah paus itu mati dan menemukan jaring ikan, tali, sarung tangan, dan berbagai barang yang terbuat dari plastik di dalam perutnya.

 Marine Animal Response Society (MARS) baru-baru ini membagikan insiden tersebut, yang mengatakan bahwa kematian paus adalah 'pengingat yang gamblang' tentang betapa seriusnya masalah sampah manusia yang mengotori lautan di Planet Bumi.

Rata-rata paus sperma dewasa memiliki berat antara 35 hingga 45 ton, tetapi paus jantan dewasa ini memiliki berat tidak lebih dari 30 ton karena sampah yang menghalangi kemampuannya untuk makan.

“Melihat paus sperma begitu dekat dengan pantai dan sangat kurus adalah beberapa tanda yang sangat memprihatinkan,” kata Tonya Wimmer dari MARS mengatakan kepada CTV News.

“Kami menemukan sedikit peralatan, dan kemudian terus berjalan dan terus berjalan. Kami menyadari sepenuhnya apa yang kami lihat sangat mengerikan," kata Wimmer.

Paus sperma makan seperti penyedot debu, mereka membuka mulut dan membiarkan apa pun yang ada di sekitarnya mengalir ke dalam. Ini membuat mereka lebih berisiko menelan sampah di air dan di dasar laut.

Wimmer mengatakan karena cara paus sperma makan, sangat umum menemukan plastik di perut mereka, tetapi gumpalan yang lebih padat pada jantan lebih banyak daripada yang pernah dia saksikan di masa lalu.

Sampah dalam jumlah besar ini menghalangi hewan tersebut untuk mengonsumsi makanan, yang akhirnya menyebabkannya mati karena kelaparan

"Ini akan sangat mengerikan dan traumatis bagi hewan ini untuk mati secara perlahan," kata Wimmer.

Paus jantan ini hanyalah salah satu dari banyak paus sperma yang ditemukan dengan sampah plastik di perutnya.

Paus sperma lainnya terdampar di pantai Northumberland pada tahun 2019 dan pemeriksaan post-mortem mengungkapkan adanya plastik di dalam perutnya.

Paus Mati di Indonesia

Lalu ada satu di tahun 2018, yang terdampar di Indonesia timur dan memiliki gumpalan sampah plastik seberat 13 pon di perutnya.

Menurut Kepala Taman Nasional Wakatobi Heri Santoso, tim penyelamat menemukan bangkai paus sperma jantan sepanjang 31 kaki yang membusuk di dekat perairan Kapota di provinsi Sulawesi Tenggara.

Limbah di perutnya meliputi 115 gelas plastik, empat botol plastik, 25 kantong plastik, dua sandal jepit, satu karung nilon dan lebih dari 1.000 keping plastik lainnya.

Penyebab kematiannya tidak diketahui, dan bangkainya akan segera dikubur tanpa otopsi karena kondisinya sudah membusuk.

Sebuah studi yang lebih baru, dirilis awal bulan ini, mengumumkan bahwa paus balin - paus biru, bungkuk, dan sirip - memakan hingga 10 juta keping mikroplastik setiap hari.

Paus biru paling banyak menelan, karena mereka hampir secara eksklusif memakan hewan seperti udang yang disebut krill.

"Mereka lebih rendah pada rantai makanan daripada yang Anda perkirakan dengan ukurannya yang besar, yang menempatkan mereka lebih dekat ke tempat plastik berada di dalam air," kata rekan penulis studi Dr Matthew Savoca. “Hanya ada satu mata rantai: krill memakan plastik, lalu paus memakan krill.”

Paus balin diperkirakan memiliki risiko yang sangat tinggi untuk menelan mikroplastik. Ini karena perilaku penyaring makan mereka, volume besar mangsa yang mereka makan, dan fakta bahwa mereka biasanya hidup di daerah yang tercemar, seperti California Current.

Namun, data tentang konsumsi plastik harian mereka masih kurang dan membatasi pemahaman kita tentang risikonya, efek kesehatannya, dan bagaimana dampaknya dapat dimitigasi.

“Filter feeder besar seperti paus balin berevolusi untuk memproses dan menyaring lautan dalam jumlah besar, sehingga mereka mewakili penjaga perubahan lingkungan termasuk polusi seperti mikroplastik,” kata penulis studi senior Jeremy Goldbogen.