Bagikan:

JAKARTA - Setelah diumumkan awal tahun ini, Project Q secara tiba-tiba muncul di media sosial yang menunjukkan perangkat genggam milik Sony itu akan berjalan dengan Sistem Operasi (OS) Android.

Kebocoran produk pertama kali dungkap oleh pengguna Twitter @Zuby_Tech, yang memperlihatkan detail tentang perangkat keras konsol genggam Project Q tersebut bersama dengan video yang menunjukkan cara kerjanya.

Diperkenalkan pertama kali pada PlayStation Showcase Mei 2023 oleh Presiden Sony Jim Ryan, perangkat baru ini diklaimnya sebagai opsi potensial untuk digunakan para gamer.

Berbeda dengan konsol hybrid Steam Deck dan Nintendo Switch, Project Q sendiri merupakan platform streaming di mana gamer dapat memainkan gim PlayStation5 (PS5) melalui Remote Play dengan menggunakan koneksi Wi-Fi.

Meski begitu, gamer harus terlebih dahulu menginstal gim mereka di PS5 untuk menggunakan Project Q, yang dilengkapi dengan layar HD 8 inci dan dibekali bantalan kontrol yang menampilkan semua tombol kontrol serupa PS5 DualSense.

Sepertinya, perangkat ini juga memiliki satu set empat tombol di belakang atas tablet, lubang tengah di bagian atas dan bawah yang kemungkinan berfungsi sebagai mikrofon dan speaker di tepi atas.

see_also]

- https://voi.id/teknologi/295639/peretas-dan-propagandis-gunakan-kecerdasan-buatan-ai-untuk-aksi-jahat

- https://voi.id/teknologi/295652/ripple-ajukan-permohonan-registrasi-sebagai-perusahaan-aset-kripto-di-inggris

- https://voi.id/teknologi/295647/bank-sentral-nigeria-lanjutkan-komitmennya-pada-proyek-mata-uang-digital-meskipun-minat-turun

- https://voi.id/teknologi/295646/twitter-akan-terapkan-batas-dm-harian-untuk-akun-tidak-terverifikasi

- https://voi.id/teknologi/295643/amazon-bangun-fasilitas-pemrosesan-rp1-7-triliun-di-kennedy-space-center-untuk-proyek-kuiper

[/see_also]

Sayangnya, tidak banyak soal menu yang ditampilkan hanya beberapa opsi di samping kode QR. Kemungkinan, bocoran perangkat ini bukan versi final dari tampilan navigasi, tetapi bisa memberikan gambaran untuk gamer tentang bagaimana Project Q.

Jika Project Q benar-benar menjalankan Android, artinya perangkat akan bergantung pada prosesor bawaan dan penyimpanannya pun juga akan terbatas. Sony diklaim tidak akan menyematkan lebih dari 16GB di dalamnya.

Belum diketahui pasti berapa harga yang dibanderol untuk perangkat ini, dilaporkan Project Q akan meluncur pada November 2023. Demikian dikutip dari Game Rant, Senin, 24 Juli.