Fungsi Mode Jangan Ganggu di iPhone dan Cara Mengaktifkannya
Ilustrasi mode jangan ganggu di iPhone (Unsplash/Vojtech Bruzek)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ponsel iPhone menyediakan mode jangan ganggu melalui fitur ‘Focus’. Fitur ini dihadirkan sejak versi sistem operasi iOS 15 dirilis pada 2021 hingga iOS 16 saat ini.  Sebenarnya apa fungsi mode jangan ganggu di iPhone?

Fitur Focus tersedia untuk memungkinkan pengguna dapat mengatur mode pemberitahuan pada iPhone supaya lebih privat atau personal. Pengguna bisa mengatur mode pemberitahuan sesuai dengan kebutuhan dan aktivitasnya. Fitur Focus membantu pengguna menghindari gangguan dengan cara memfilter notifikasi. 

Pengguna iPhone dapat memanfaatkan fitur Focus ketika sedang bekerja, istirahat, dan sebagainya. Ada beberapa mode pemberitahuan yang bisa Anda pilih. Salah satunya adalah mode jangan ganggu yang bisa diaktifkan pada smartphone Anda. 

Fungsi Mode Jangan Ganggu di iPhone

Mode jangan ganggu membantu pengguna iPhone meminimalisir terjadinya distraksi atau gangguan. Saat mode ini diaktifkan, pengguna dapat mengheningkan atau silent notifikasi dari kontak dan aplikasi yang kurang penting. 

Mode jangan ganggu sangat cocok diterapkan ketika pengguna sedang ingin fokus bekerja, menghadiri acara resmi, liburan, hingga beristirahat. Selain mode jangan ganggu, fitur Focus juga menyediakan beberapa mode pemberitahuan default lainnya. Ada pula mode ‘Work Focus’ yang bisa diaplikasikan selama jam kerja. Pengguna dapat mengatur pemberitahuan hanya muncul dari rekan kerja dan aplikasi untuk pekerjaan.

Cara Mengaktifkan Mode Jangan Ganggu di iPhone

Pengguna bisa mengaktifkan mode jangan ganggu di iPhone dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu setting atau pengaturan
  • Pilih opsi ‘Focus’ atau ‘Fokus’
  • Pilih mode ‘Do not Disturb’ atau ‘ Jangan Ganggu’
  • Selanjutnya pilih kontak dan aplikasi yang diizinkan untuk mengirim notifikasi saat mode jangan ganggu diaktifkan
  • Atur juga layar utama (home) agar hanya bisa menampilkan aplikasi tertentu yang menurut Anda penting saat mode jangan ganggu diaktifkan
  • Kemudian atur jadwal mode jangan ganggu agar aktif secara otomatis, misalnya di hari Senin hingga Rabu dari jam 08.00 - 16.00 WIB. 
  • Setelah selesai, mode jangan ganggu sudah berhasil diaktifkan di iPhone Anda 
  • Mode jangan ganggu akan aktif secara otomatis sesuai jadwal yang sudah Anda atur
  • Di luar jadwal tersebut, Anda bisa mengaktifkan dan menonaktifkan secara manual melalui halaman pusat kontrol
  • Cara mengaktifkan secara manual dengan menggulir layar iPhone dari atas ke bawah, kemudian pilih kolom Fokus dan klik mode jangan ganggu

Pada opsi Fokus juga terdapat opsi lain, yaitu ‘Bagikan Status Fokus’. Dengan opsi ini, Anda dapat membagikan status mode Fokus diaktfikan maupun nonaktif kepada pengguna iPhone lainnya. 

Ketika Anda mengaktifkan opsi ‘Bagikan Status Fokus’, maka pengguna iPhone lain bisa mendapatkan status bahwa Anda telah mengheningkan pemberitahuan di aplikasi seperti iMessage. Tampilan dari status tersebut akan bertuliskan “X telah mengheningkan pemberitahuan”.

Namun status tersebut tidak akan memperlihatkan nama mode Fokus yang sedang Anda aktifkan. Jadi pengguna lain tidak bisa tahu mode yang Anda terapkan, apakah mode jangan ganggu, Work Focus, atau Personal Focus. 

Demikianlah ulasan mengenai fungsi mode jangan ganggu di iPhone. Mode ini sangat membantu pengguna iPhone yang ingin fokus dan menghindari distraksi saat sedang menjalani kegiatan tertentu. Dengan fitur ini, Anda bisa melakukan kegiatan dengan lebih fokus, tenang, dan nyaman, bisa itu saat bekerja, berlibur, maupun istirahat. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.