Bagikan:

JAKARTA – Google mengubah tampilan antarmuka Circle to Search pada September lalu setelah meluncurkan fitur pencarian lagu. Kini, tampilan Circle to Search kembali berubah dengan fitur Google Lens yang hilang.

Sebelum tampilannya berubah, Circle to Search akan menampilkan lima pintasan, yaitu tombol 'G' untuk membuka aplikasi Google, fitur pencarian dengan suara, Google Lens, pencarian lagu, dan terjemahan bahasa.

Akses cepat ke aplikasi Google, pencarian dengan suara, dan Google Lens ini ditempatkan di dalam satu bilah sehingga ruang kosongnya terlihat sedikit.

Setelah ikon Google Lens hilang, bilah pencarian menjadi lebih luas dengan masing-masing ikon di sudut kiri dan kanan.

Dengan hilangnya pintasan ini, pengguna tidak bisa lagi melakukan pencarian visual secara langsung. Perubahan ini menyulitkan para pengguna yang terbiasa mengakses Google Lens secara cepat melalui Circle to Search. 

Ini merupakan kemunduran besar karena akses dua langkah menuju Google Lens sudah hilang sepenuhnya dari ponsel Android. Seluruh pengguna yang ingin melakukan pencarian gambar dengan cepat perlu mengunduh aplikasi Google Lens.

Jika pengguna tidak mau mengunduh aplikasinya, mereka bisa mengakses Google Lens dengan membuka aplikasi Google atau aplikasi Chrome dengan mengeklik kotak tab di samping ikon titik tiga vertikal.

Hingga saat ini, belum diketahui apakah Google benar-benar mengubah tampilan dari Circle to Search atau ada bug yang membuat ikon tersebut menghilang. Namun, 9to5google mencatat bahwa perubahan ini muncul di versi stabil dan beta.