Bagikan:

JAKARTA - Google Search sedang menguji fitur baru bernama "Quick View" yang memungkinkan pengguna melihat bahan resep tanpa harus membuka situs web. Fitur ini telah terlihat oleh beberapa pengguna saat mencari resep di Google, di mana hasil pencarian menampilkan tombol "Quick View" kecil pada gambar hasil pencarian.

Ketika tombol "Quick View" diklik, pengguna langsung dapat melihat bahan-bahan resep di aplikasi Google Search, melewati situs web asal konten. Namun, belum jelas apakah fitur ini hanya menampilkan bahan atau juga instruksi memasak. Jika instruksi juga disertakan, pengguna mungkin tidak lagi perlu mengunjungi situs web asli, meskipun terdapat tombol "Kunjungi" di ringkasan.

Google menjelaskan bahwa uji coba ini dilakukan bekerja sama dengan sejumlah kecil pembuat konten untuk memberikan informasi yang lebih bermanfaat kepada pengguna. Namun, tidak disebutkan apakah Google membayar para penerbit untuk menyediakan potongan konten tersebut.

Belum jelas apakah fitur ini akan diluncurkan secara luas. Hingga saat ini, kami belum dapat menemukan fitur "Quick View" di perangkat kami sendiri.

Dalam beberapa tahun terakhir, peluncuran fitur Google menunjukkan bagaimana banyak informasi dapat diambil dari penerbit untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Fitur seperti ringkasan AI, misalnya, membantu menyederhanakan data dan menyajikannya dalam satu hasil yang mudah dipahami.

Namun, meskipun pengalaman pengguna menjadi lebih efisien, penerbit konten seperti situs resep mungkin merasa dirugikan karena fitur ini mengurangi kebutuhan untuk mengunjungi sumber asli mereka, yang berpotensi mengurangi trafik situs dan pendapatan mereka.