Bagikan:

JAKARTA - Agate International (Agate), pengembang game terbesar di Indonesia  berpartisipasi dalam Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) Conference 2024, acara tahunan terbesar yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia serta Asosiasi Game Indonesia (AGI).

Menjadi wadah pengembangan ekosistem industri gim Indonesia dan menawarkan ruang bagi kolaborasi inovatif di sektor bisnis gim, IGDX 2024 dihadiri berbagai negara seperti Rusia, Polandia, dan Perancis yang turut menghadirkan penerbit, pengembang, dan investor mereka. Dalam sesi diskusi panel bertajuk "Looking Back - Stories from the Biggest Successes from Indonesia," Shieny Aprilia, Co-Founder dan CEO Agate, berbagi wawasan tentang perjalanan sukses Agate di industri gim, khususnya sebagai perusahaan pengembang game lokal yang sukses di pasar global.

Bertepatan dengan momentum penting IGDX yang menjadi platform penting bagi para pemangku kepentingan industri gim global, Agate terus memperkuat ekspansi global dan upaya penggalangan dana yang tengah berjalan. Melalui pendirian unit bisnis di Kanada, Jerman, Korea Selatan, Jepang, dan Amerika Serikat, serta upaya berkelanjutan untuk memasuki pasar Eropa, ekspansi strategis ini akan membawa Agate semakin mendekatkan diri dengan komunitas pemain global dan membuka peluang kolaborasi strategis di pasar internasional.

Selain itu, Agate tengah menjalankan upaya penggalangan dana untuk mengumpulkan USD 2 juta melalui Convertible Notes yang akan digunakan untuk memperkuat operasional B2B, mengembangkan produk baru, serta memulai bisnis penerbitan gim untuk pasar Indonesia, yang sejalan dengan peningkatan dukungan pemerintah terhadap industri gim lokal.

Shieny Aprilia, Co-Founder dan CEO Agate menjelaskan, “Tahun ini, melalui upaya fundraising, kami ingin mendukung pertumbuhan berkelanjutan bisnis B2B kami, pengembangan produk baru, pengumpulan leads M&A, dan memulai bisnis penerbitan gim untuk pasar Indonesia dengan dukungan pemerintah yang semakin meningkat terhadap industri gim lokal. Ekspansi strategis ini tentunya memerlukan investasi yang lebih besar untuk mendukung secara efektif baik operasi kami yang ada maupun inisiatif strategis baru seiring dengan upaya kami dalam mengonsolidasikan industri gim di Indonesia.”

Agate memiliki beberapa judul gim yang sedang dalam pengembangan, mulai dari Akarmaut: Rootmare, Blades of Mirage, termasuk kolaborasi bersama Confiction Labs melalui Riftstorm, di mana gim ini akan memasuki tahap public playtest ketiga (Alpha Playtest) mulai 17 Oktober 2024 pukul 09:00 WIB dan berakhir pada 30 Oktober 2024 pukul 09:00 WIB.

Selain itu, Agate juga melakukan co-development Nightmare Battler Zozo dengan Red Dunes, perusahaan gim development asal Arab Saudi. Sementara itu, DreadHaunt, proyek kolaborasi dengan Digital Happiness, dengan kepemilikan IP bersama di mana DreadHaunt akan diterbitkan oleh Dark Product dan NUON akan diluncurkan di Xbox mulai 17 Oktober 2024. Kolaborasi ini diharapkan dapat mempercepat pengembangan game berkualitas tinggi dan memperluas penetrasi Agate di berbagai pasar.