Bagikan:

JAKARTA – Indonesian Game Developer Exchange (IGDX), acara tahunan yang penting dalam industri gim di Indonesia kembali digelar di Bali pada tanggal 11-13 Oktober 2023.

Sebagai salah satu program IGDX, yaitu IGDX Business and Conference juga akan diselenggarakan di waktu yang sama, oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI). 

IGDX business dan Conference ini sendiri merupakan acara lanjutan dari program-program IGDX lainnya yang sudah berjalan, yaitu IGDX Academy dan IGDX Career.

IGDX Business merupakan acara matchmaking bisnis yang menghubungkan pengembang gim dalam negeri dengan berbagai pemangku kepentingan dalam industri gim, melalui pertemuan 1-on-1 untuk menciptakan peluang bisnis baru, kerja sama, pendanaan, dan kemitraan lainnya. 

Sementara untuk IGDX Conference adalah sebuah seminar yang bertujuan sebagai wadah berbagi informasi dan diskusi antara pemangku kepentingan industri gim, yang akan dihadiri oleh pemerintah, masyarakat umum, investor, penerbit, platform marketplace, dan pengembang gim.

Melihat suksesnya IGDX Business and Conference tahun lalu, Kominfo dan AGI meyakini bahwa acara tahun ini juga dapat memberikan dampak positif yang sangat berguna bagi pihak-pihak yang terlibat, khususnya studio gim lokal. 

“Kami harap IGDX 2023 akan lebih ramai, produktif, dan bermanfaat bagi para pelaku industri, sebagai acara perhelatan bisnis video game paling ditunggu di Asia Tenggara.” kata Cipto Adiguno selaku Ketua umum AGI dalam konferensi pers yang diadakan secara daring pada Selasa, 26 September.

Menariknya di tahun ini, selain kegiatan bisnis dan seminar, IGDX Business dan Conference juga menyiapkan pameran gim yang akan diisi oleh peserta IGDX Academy dan juga studio gim indonesia lainnya.

Pameran ini diharapkan dapat memikat masyarakat untuk bermain gim lokal dan mendapatkan wawasan lebih dalam tentang permainan yang telah atau akan diluncurkan. 

“IGDX Business pada tahun ini menargetkan sebanyak 250 peserta yang berasal dari investor, publisher, buyer, korporasi dan venture capital untuk melaksanakan kegiatan pertemuan bisnis berjejaring,” ujar Direktur Ekonomi Digital Kominfo, I Nyoman Adhiarna.

Sedangkan IGDX Conference menargetkan sebanyak 300 orang dari pelaku industri, peminat gim, mahasiswa, pemerintah, media, dan masyarakat umum untuk dapat mencoba lebih dr 40 gim baru dari game developer Indonesia.