Bagikan:

YOGYAKARTA –Selulit atau  Stretch mark pada remaja seringkali terjadi di masa pubertas. Hal ini karena remaja mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat sehingga ukuran tubuhnya bertambah dan memengaruhi kondisi kulit.

Menyadur AI-Care, stretch mark adalah guratan berwarna putih atau kemerahan yang muncul di area yang memiliki lemak cukup banyak seperti lengan, perut, dan paha.

Meski tidak berbahaya, stretch mark pada remaja dapat menimbulkan rasa kurang percaya diri. Terlebih, jika ukurannya besar atau berada di area yang mudah terlihat.

Lantas, apa penyebab stretch mark pada remaja? Bagaimana cara mengatasinya? temukan jawabannya dalam ulasan di bawah ini.

Penyebab Munculnya Stretch Mark pada Remaja

Stretch mark umumnya disebabkan oleh peregangan kulit dan peningkatan berat badan yang terlalu cepat.

Pada remaja, guratan halus di kulit ini dapat muncul karena selama masa pubertas, mereka mengalami percepatan pertumbuhan. Terutama jika tubuh mengalami perubahan berat badan secara signifikan.

Selain itu, faktor genetik juga berkontribusi terhadap munculnya stretch mark pada tubuh remaja.

Cara Mencegah Stretch Mark pada Remaja

Stretch mark pada remaja dapat dicegah lewat hal-hal berikut ini:

  1. Memenuhi kebutuhan cairan

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh bisa membuat kulit tetap memproduksi kolagen, sehingga dapat mencegah munculnya stretch mark. Hal ini dapat dilakukan dengan minum air putih yang cukup.

  1. Batasi konsumsi minuman berkafein

Membatasi konsumsi minuman berkafein seperti teh dan kopi juga bisa mencegah munculnya stretch mark pada remaja. Minuman berkafein bisa membuat tubuh kehilangan banyak cairan sehingga kulit menjadi lebih kering dan mudah meregang.

  1. Olahraga secara rutin

Olahraga bisa menjaga sirkulasi darah di kulit dan membuat tubuh memproduksi kolagen dalam jumlah yang cukup. Kedua hal ini dapat membantu kulit tetap kuat dan elastis sehingga tidak mudah membentu stretch mark.

  1. Penuhi kebutuhan nutrisi kulit

Cara mencegah munculnya stretch mark pada remaja yang berikutnya adalah memenuhi kebutuhan nutrisi kulit. hal ini penting untuk dilakukan agar kesehatan kulit tetap terjaga.

Adapun beberapa nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit, yakni vitamin A, vitamin C, vitamin D, protein, dan zinc.

Nutrisi tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti kacang-kacangan, ikan, wortel, jeruk, susu, brokoli, dan dada ayam tanpa kulit.

Demikian informasi tentang stretch mark pada remaja. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.