Bagikan:

JAKARTA – Google akan menambahkan fitur baru ke hasil pencarian di Google Search. Fitur ini dirancang khusus untuk pengguna yang gemar memasak dan memudahkan mereka dalam mencari resep makanan.

Dilansir dari The Verge, fitur yang diberi nama Quick View ini sedang diuji coba ke sebagian kecil pengguna. Ketika pengguna membuka Search dan menuliskan kueri seperti 'resep cookies cokelat', tombol Quick View akan muncul dengan tampilan resep yang diinginkan.

Tidak seperti AI Overview yang bekerja dengan cara meringkas beberapa web sekaligus, Quick View hanya menampilkan hasil dari satu blog saja. Misalnya seperti hasil pencarian 'resep cookies cokelat', mesin pencari Google menampilkan Quick View dari blog Preppy Kitchen.

Pengguna tidak perlu mengeklik situs web satu per satu karena Quick View akan memberikan informasi yang sangat lengkap. Fitur ini akan menampilkan bahan apa saja yang dibutuhkan, foto dari makanan yang ingin dibuat, dan petunjuk pembuatannya.

Brianna Duff, Juru Bicara Google, mengatakan bahwa fitur ini belum selesai dikembangkan sehingga mereka tidak bisa membagikan informasi apa pun. Duff menambahkan bahwa fitur baru ini merupakan hasil eksperimen mereka untuk menampilkan informasi terbaik. 

"Kami telah bermitra dengan sejumlah kreator untuk mulai mengeksplorasi pengalaman resep baru di Penelusuran yang bermanfaat bagi pengguna dan memberikan nilai tambah bagi ekosistem web,” kata Duff. 

Duff menambahkan bahwa Quick View masih menjadi eksperimen awal yang terbatas. Untuk menampilkan lebih banyak resep masakan dari blog lainnya, Google telah bermitra dengan sejumlah blogger resep yang bersedia membagikan resep mereka di halaman utama pencarian.