Bagikan:

JAKARTA – Europa Clipper, wahana antariksa yang dirancang untuk mengamati salah satu bulan Jupiter, seharusnya diluncurkan pada Kamis, 10 Oktober. Namun, NASA memutuskan untuk menunda peluncurannya.

Hal ini terjadi karena Badai Milton yang menyerang Florida. Badai yang masuk ke dalam kategori 5 dengan kecepatan 281 kilometer per jam ini diperkirakan akan bergerak ke arah timur Florida. Dampaknya, angin kencang dan hujan lebat akan memasuki Cape Canaveral. 

Setelah memutuskan untuk membatalkan misi dan mengamankan diri, NASA mengatakan bahwa wahana Europa Clipper telah diamankan di dalam hanggar SpaceX di Kennedy Space Center. NASA dan SpaceX telah membuat persiapan sejak 6 Oktober lalu.

Tim Dunn, Direktur Peluncuran Senior di Program Layanan Peluncuran NASA, mengatakan bahwa pembatalan misi ini tidak hanya dilakukan untuk melindungi perangkat yang mereka kembangkan. NASA dan SpaceX juga ingin melindungi para pekerjanya.

"Keselamatan personel tim peluncuran adalah prioritas utama kami, dan semua tindakan pencegahan akan diambil untuk melindungi pesawat ruang angkasa Europa Clipper,” kata Dunn, dikutip melalui blog NASA.

Jika badai sudah dipastikan berhenti, tim pemulihan dari SpaceX akan menilai keamanan kawasan peluncurannya terlebih dahulu. Jika sudah aman, tim akan kembali bekerja dan melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui berbagai kerusakan yang disebabkan badai. 

"Begitu kami memperoleh 'izin' yang diikuti oleh penilaian fasilitas dan tindakan pemulihan, kami akan menentukan peluang peluncuran berikutnya untuk misi utama NASA ini," ungkap Dunn.