Bagikan:

   

JAKARTA – Aplikasi Files by Google sedang menguji fitur Smart Search untuk mencari dokumen dengan lebih mudah. Fitur ini bisa membantu pengguna dalam mencari nama file yang dilupakan.

Pertama kali ditemukan oleh Android Police, Smart Search merupakan fitur untuk mencari gambar dan PDF berdasarkan isinya. Sistem pencariannya pun berbeda, tergantung file apa yang sedang ingin dicari.

Jika pengguna Files Google ingin mencari PDF, mereka hanya perlu mengetikkan penggalan isi dari file di kotak pencarian. Misalnya, seseorang sedang mencari file PDF berisi daftar perjalanan, ia hanya perlu mengetikkan salah satu nama tempat yang diingat.

Sementara itu, kemampuan pencarian gambar dibuat dengan lebih cerdas. Files bisa mengenali gambar saat pengguna menyebutkan objeknya. Misalnya, pengguna mengetikkan kata buku di kotak pencarian dan Google akan menampilkan gambar yang sesuai.

Untuk menggunakan Smart Search, Anda perlu mengaktifkan fiturnya terlebih dahulu. Anda bisa menyalakan fiturnya dengan membuka Files by Google, kemudian buka Menu dan Pengaturan, setelah itu nyalakan Smart Search.

Untungnya, metode ini tetap bisa berfungsi ketika ponsel sedang dalam keadaan offline. Dalam keadaan terdesak, Anda tidak perlu repot mencari jaringan koneksi hanya untuk mencari file yang penting.

Agar fitur ini beroperasi di Files Anda, pastikan untuk memperbarui versinya terlebih dahulu. Namun, perlu diingat bahwa fitur ini masih sekadar uji coba. Jika tidak ada meski sudah diperbarui, maka Smart Search memang tidak tersedia untuk perangkat Anda.