Setelah Penantian Panjang, WhatsApp akan Luncurkan Fitur untuk Menyembunyikan Status Online Bulan Ini
WhatsApp luncurkan beberapa fitur privasi baru (foto: WhatsApp)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak pertama kali diluncurkan hingga sekarang, WhatsApp selalu mengembangkan cara untuk melindungi percakapan  para penggunanya. Kali ini, menghadirkan beberapa fitur privasi baru. 

"Rangkaian fitur ini adalah cara kami untuk menjaga percakapan Anda tetap aman di WhatsApp," tulis perusahaan dalam sebuah pernyataan. 

Fitur pertama yang akan diluncurkan adalah Keluar Grup Tanpa Notifikasi. Ketika Anda berada di sebuah grup, Anda akan melihat notifikasi "[Nama peserta] keluar". Tapi itu tidak akan terjadi lagi, karena WhatsApp telah mengembangkan fitur yang memungkinkan Anda keluar dari grup secara diam-diam. 

Saat Anda keluar dari grup, anggota grup tidak akan melihat notifikasi, melainkan hanya admin grup saja. Menurut pengumuman yang ada, fitur ini akan diluncurkan untuk semua pengguna WhatsApp mulai bulan ini.

Fitur privasi baru selanjutnya adalah Menyembunyikan Status Online. Menyembunyikan status online sebenarnya merupakan rencana perusahaan yang sudah lama kita ketahui. Namun, belum ada konfirmasi pasti kapan itu akan diluncurkan. 

Sama seperti fitur keluar grup tanpa notifikasi, WhatsApp akan meluncurkan untuk memilih siapa saja yang dapat dan tidak dapat melihat saat Anda sedang online mulai bulan ini. 

Seperti yang sudah pernah VOI jelaskan sebelumnya, pengaturan fitur ini akan mirip dengan fitur "Last seen atau Terakhir kali dilihat". Anda dapat melihat opsi "Semua orang", "Kontak saya", " Kontak saya kecuali… ", dan " Tidak ada".

Fitur terakhir yang akan diluncurkan adalah Blokir Tangkapan Layar untuk Pesan Sekali Lihat. Seperti banyak yang dari Anda ketahui, fitur ini memungkinkan Anda berbagi foto atau media untuk sekali lihat saja, dan tidak perlu menjadi rekaman digital secara permanen. 

Karena itu, tidak jarang seseorang mengambil tangkapan layar karena ingin menyimpannya di galeri. Namun, seseorang yang mengirim pesan sekali lihat pasti memiliki alasan lain agar tidak meninggalkan jejak digital secara permanen. 

Karena itu, WhatsApp akan menghadirkan kemampuan memblokir tangkapan layar untuk pesan Sekali Lihat sebagai lapisan perlindungan tambahan. Tapi saat ini, perusahaan mengatakan bahwa mereka masih dalam tahap uji coba dan akan segera diluncurkan kepada semua pengguna.