WhatsApp vs Messenger, Mana yang Lebih Baik dalam Melakukan Panggilan Video?
Perbedaan panggilan video menggunakan Messenger dan WhatsApp (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - WhatsApp dan Messenger adalah dua aplikasi perpesanan sosial yang sangat populer. Keduanya tampak sama, tetapi memiliki kualitas yang berbeda. 

Perbedaan diantara keduanya bisa dilihat dari berbagai sisi. Tapi sekarang, VOI akan membahas perbedaan aplikasi perpesanan ini dalam melakukan panggilan video atau Video Call. 

Kualitas Video

Tidak seperti aplikasi panggilan video lainnya seperti Skype atau Zoom, Messenger dan WhatsApp cenderung lebih berkompromi pada jaringan buruk atau tidak stabil. 

Messenger akan mencoba mempertahankan kualitasnya atau mematikan panggilan sepenuhnya. Sedangkan WhatsApp, cenderung menurunkan kualitas video dalam upaya untuk mengakomodasi koneksi yang paling buruk sekalipun. 

Untuk panggilan video yang lebih baik, Anda dapat menggunakan WhatsApp. Selain itu, WhatsApp dapat mempertahankan tautan video Anda pada koneksi 3G dan 2G meskipun dengan kualitas gambar yang minim. 

Panggilan Grup

Akan lebih menyenangkan rasanya jika Anda melakukan panggilan video dengan keluarga besar atau dengan lebih banyak orang di dalamnya. Itulah mengapa, kedua aplikasi ini memiliki fitur panggilan grup.

WhatsApp hanya dapat mengizinkan maksimal delapan peserta per panggilan video, sedangkan untuk Messenger, aplikasi ini memiliki ruang untuk maksimal 50 orang. 

Untuk memberikan pengalaman panggilan video yang lebih baik, Anda bisa menggunakan Messenger untuk melakukannya. 

Fitur Panggilan

Untuk fitur panggilan video WhatsApp, interaksi visual jarak jauh hanya akan memungkinkan Anda untuk saling melihat dan mengobrol saja. Sedangkan di Messenger, mereka menyediakan fitur yang lebih daripada itu. 

Di Messenger, Anda dapat bermain gim dan menonton film dengan peserta panggilan video lainnya langsung dari aplikasi Messenger. Ini bisa menjadi pilihan yang bagus untuk kumpul bersama keluarga jarak jauh atau menonton film bersama meski dari jarak yang berjauhan.

Messenger memiliki fitur "berbagi layar" yang mirip dengan Zoom. Fitur ini tentu merupakan fitur yang tidak dapat Anda gunakan jika menggunakan panggilan video di WhatsApp. 

Tapi pada akhirnya, itu akan kembali lagi pada pilihan Anda masing-masing. Apa yang membuat Anda merasa nyaman dan aman dalam melakukan panggilan video antara menggunakan Messenger atau WhatsApp.