Facebook Dukung Koleksi Digital NFT di Linimasa Pembuat Konten, Kelak Bisa Diperdagangkan Langsung
Facebook akan mendukung token nonfungible (NFT) dengan tab "koleksi digital" di linimasa .(foto: twitter @navdeep_ua)

Bagikan:

JAKARTA - Facebook akan mendukung token nonfungible (NFT) dengan tab "koleksi digital" di linimasa pembuat konten untuk menampilkan karya mereka. Manajer program teknis meta, Navdeep Singh, menampilkan tangkapan layar NFT dan halaman pembuat konten pada Kamis, 30 Juni di Twitter.

Juru bicara Meta, perusahaan induk Facebook, mengatakan kepada TechCrunch pada hari yang sama bahwa peluncuran NFT di Facebook akan dilakukan secara bertahap. Pertama akan dimulai dengan pembuat konten terpilih di Amerika Serikat. Kelak, pembuat NFT akan dapat memposting silang antara Facebook dan Instagram, properti Meta lainnya. Instagram juga menguji NFT di platform augmented reality Spark AR.

Instagram juga memperluas uji coba NFT dari AS ke pengguna internasional minggu lalu. Aplikasi ini memungkinkan NFT yang dicetak di Ethereum dan Polygon untuk ditampilkan, sementara NFT lain dari Solana dan Flow juga direncanakan.

Meta mengumumkan pada Mei lalu, bahwa mereka memulai tes NFT di Instagram, sementara Facebook untuk mengikuti "segera," seperti dilaporkan oleh menurut CEO Meta, Mark Zuckerberg. Aplikasi milik Meta lainnya, seperti WhatsApp dan Facebook Messenger, pada akhirnya akan mendapatkan kemampuan tampilan NFT.

Facebook yang berganti nama menjadi Meta pada Oktober 2021. Kini telah berusaha untuk berkembang di Web3, tetapi tidak semua upayanya berhasil. Meta menyerah pada upayanya untuk meluncurkan stablecoin Diem pada bulan Februari lalu setelah tentangan signifikan dari regulator di seluruh dunia.

Namun Meta kini mengajukan aplikasi merek dagang untuk platform pembayaran Meta Pay pada Mei dan Zuckerberg mengumumkan pada 22 Juni bahwa Meta Pay akan menggantikan Facebook Pay.

“Meta Pay akan tersedia di Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Facebook Messenger,” kata Zuckerberg seperti dikutip The Verge.

Namun, juru bicara perusahaan mengatakan kepada TechCrunch bahwa Meta " tidak akan menawarkan kemampuan untuk mengubah posting koleksi digital menjadi iklan untuk saat ini" di Facebook, sehingga tampaknya Meta tidak akan meluncurkan penjualan NFT di sana.

Penjualan NFT diharapkan akan diluncurkan di toko aplikasi Meta Quest, yang memasok aplikasi dan game untuk Meta's Metaverse.