NFT Unik It’s Nothing Terungkap, Apa Isinya?
Its' Nothing NFT yang kosong dengan penjualan yang tinggi (OpenSea)

Bagikan:

JAKARTA – Belakangan ini dunia NFT sedang ramai dengan beberapa koleksi NFT yang terbilang cukup unik. Koleksi-koleksi NFT tersebut bisa dikatakan tak pernah terpikirkan sama sekali dan benar-benar berbeda dengan NFT lain seperti Bored Ape dan CryptoPunks. Beberapa koleksi NFT yang unik tersebut membawa konsep free-to-mint atau tanpa biaya. Salah satunya adalah NFT It’s Nothing.

NFT free to mint ini akhirnya mengungkap dan merilis koleksi NFT-nya. Namun tidak bisa disebut sebagai koleksi sebab di dalamnya benar-benar nothing alias tidak ada apapun sama sekali atau kosong. Benar-benar kosong. Jika dilihat di marketplace NFT, OpenSea, koleksi itu hanya mencantumkan nama NFT-nya, It’s Nothing. Dibuat oleh kreator bernama We_are_nobody dengan deskripsi “Time to reset. Everything starts from nothing...”.. Meskipun begitu, NFT ini telah terverifikasi dan menempati kolom top di OpenSea bersama NFT blue-chip lainnya.

Dilansir dari NFT Evening, It’s Nothing rilis pada 23 Juni lalu. Seperti NFT free-to-mint lainnya, proyek ini tidak menjanjikan apapun atau menunjukkan roadmap mereka. Bahkan sebelum merilis NFT, mereka hanya mengatakan bahwa sesuatu akan datang pada tanggal 23 Juni, bersifat free-to-mint dan it’s nothing. Jika dilihat di laman web-nya, isinya hanyalan layar putih dengan tombol reset di pojok kiri atas dan pilihan bahasa di pojok kanan atas. Sedangkan di bawahnya, tertulis narasi atau kalimat yang berjalan seperti diketik.

NFT Its Nothing dalam OpenSea
Tampilan Situs Web It's Nothing NFT

 

Namun koleksi NFT tersebut terjual habis sehari setelah rilis perdana dari penjualan publiknya. Saat ini, floor price It’s Nothing berada di 0,002 ETH dengan total volume 587 ETH atau sekitar 662 ribu dolar. Angka yang besar untuk sesuatu yang tidak ada isinya.

Baru-baru ini, proyek It’s Nothing merilis video overlay di Twitter dan situs webnya. Narasi yang disampaikan cukup panjang namun menarik seperti “ruang NFT dimaksudkan untuk membangun dunia baru, banyak janji akhirnya menjadi tidak ada hasilnya, proyek tanpa roadmap, mari kita atur ulang, mulai dari nol, menuju masa depan yang lebih baik bersama-sama”. Mereka juga mengatakan bahwa proyek ini adalah awalan dan nantinya para kolektor akan mengendalikan bagaimana mereka membentuk ruang sendiri.

Setelah rilis, tentunya muncul banyak rekasi terhadap NFT It’s Nothing ini. Beberapa pengguna Twitter menyebutnya sebagai “perfert rug”. Ada juga yang menyebut jika pernah melihat hal yang sama seperti It’s Nothing sebelumnya.

ArtCats.eth, kreator NFT lain menuliskan cuitannya, “Namun, dengan proyek kami yang jelas, punya tujuan, misi, roadmap dan direncanakan dengan hati-hati masih harus tetap memohon dukungan dari para kolektor. Maksudnya, ketika proyek seperti It’s Nothing terjual habis, kami penasaran, apakah yang kami lakukan ini salah?”

Kehadiran It’s Nothing ini cukup menggemparkan jagat sosial media. Selanjutnya, apakah Its’ Nothing akan tetap seperti itu? Atau  seperti dalam overlay-nya yang menyatakan akan membiarkan komunitas meneruskannya?