Bisa <i>Video Call</i> Sampai 50 Orang Facebook Portal Siap Saingi Zoom
Facebook Portal (ExtremeTech)

Bagikan:

JAKARTA - Facebook telah meluncurkan Messenger Rooms di Portal yakni sebuah perangkat obrolan video (smart device). Perusahaan tersebut juga memiliki fitur baru yaitu kemampuan untuk beralih dari Portal ke halaman utama dan Grup Facebook.

Dengan Messenger Rooms di Portal, bisa mengumpulkan sebanyak 50 partisipan untuk melakukan panggilan video. Para pengguna juga dapat menyematkan efek AR (Augmented Reality) dan Story Time saat melakukan panggilan.

"Mulai hari ini, Anda dapat dengan mudah bergaul dengan teman dan keluarga melalui panggilan grup video dengan Messenger Rooms di Portal, tautan obrolan video yang dapat dibagikan hingga 50 orang membuatnya lebih mudah untuk bersama dengan orang lain dari jarak jauh," kata pihak Facebook seperti dikutip dari Ubergizmo, Kamis 18 Juni.

Diketahui, Messenger Rooms pada dasarnya adalah penantang Facebook untuk Zoom. Messenger sebelumnya memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video. Meskipun tidak sebanyak jumlah partisipan pengguna Zoom yakni 100 orang, tetapi banyak yang mengklaim bahwa aplikasi besutan Mark Zuckerberg itu akan mampu menyaingi Zoom.

Facebook juga mengatakan bahwa pengguna dapat menggunakan fitur siaran langsung atau Live dari perangkat Portal ke Halaman utama dan Grup Facebook dengan menggunakan perangkat lainnya seperti Portal Mini, Portal, atau Portal+.

"Sebelumnya, aplikasi Facebook Live di Portal memungkinkan Anda menyiarkan ke profil pribadi Anda, dan sekarang Anda juga bisa menggunakan Live di Halaman utama dan Grup Facebook Anda," ungkap perusahaan.

Para pengguna juga dapat mengubah latar belakang atau menggantinya dengan gambar yang dipilih sebelumnya menggunakan Portal Spaces saat sedang melakukan panggilan di Portal.

"Sekarang (Anda bisa) bagikan foto dari ponsel Anda menggunakan aplikasi seluler di Portal dengan teman dan keluarga saat melakukan panggilan Messenger," ujar pihsk Facebook.

"Akhir bulan ini, kami akan membawa dua cerita baru ke Story Time on Portal termasuk 'The Okay Book' oleh Todd Parr dan 'How To Eat Pizza' oleh Jon Burgerman dengan lebih banyak judul datang musim panas ini," imbuhnya.

Perusahaan mengatakan bahwa dalam beberapa minggu mendatang, mereka akan menambah fungsionalitas "Hey Portal", termasuk perintah dalam bahasa Inggris dan kemampuan untuk memulai panggilan WhatsApp melalui perangkat Portal. Fitur ini diklaim mirip dengan Siri milik Apple.