Kemendikbud Gandeng Netflix Hadirkan Film Dokumenter untuk Program <i>Belajar dari Rumah</i>
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Di tengah pertarungan pajak atas barang dan jasa yang diperdagangkan di wilayah Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) hari ini, Rabu, 17 Juni, justru mengumumkan kemitraan dengan penyedia layanan hiburan streaming, Netflix.

Sebagai bagian dari program Belajar dari Rumah dan untuk pertama kalinya di dunia, film-film dokumenter Netflix akan ditayangkan melalui saluran Televisi Republik Indonesia (TVRI).

Mulai 20 Juni mendatang, film-film dokumenter persembahan Netflix akan tayang perdana setiap Sabtu pukul 21.30 WIB dan tayang ulang setiap Minggu dan Rabu pukul 09.00 WIB.

Perlu diketahui, program Belajar dari Rumah yang diluncurkan 12 April lalu, merupakan alternatif belajar di tengah terjangan pagebluk COVID-19. Upaya ini dilakukan Kemendikbud guna memastikan dalam masa yang sulit ini masyarakat terus mendapatkan kesempatan untuk melakukan pembelajaran dari rumah, salah satunya melalui media televisi dengan jangkauan terluas di Indonesia.

“Program Belajar dari Rumah di TVRI ditujukan untuk membantu peserta didik, orang tua, dan guru yang memiliki keterbatasan akses internet, baik karena kendala ekonomi maupun geografis,” ungkap Mendikbud Nadiem Anwar Makarim dalam keterangan resminya, Rabu, 17 Juni.

"Tidak terkecuali pada masa libur sekolah, Kemendikbud tetap berkomitmen untuk menyediakan tayangan berkualitas tinggi yang mendidik dan menghibur," imbuh Nadiem.

Upaya untuk terus membangun pendidikan bermutu ketika menghadapi pagebluk ini pun disambut baik oleh Netflix yang berkontribusi menyediakan konten kelas dunia untuk kerja sama ini tanpa biaya sedikit pun.

"Melalui kerja sama dengan Kemendikbud, akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang dapat mengakses dan menikmati tayangan dokumenter Netflix Original,"

Wakil Presiden Konten Original Bahasa Lokal Netflix, Bela Bajaria
 

Lainnya, Kemendikbud juga tidak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan mitra-mitra lainnya dalam menghadirkan materi pendidikan terbaik untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Beberapa dokumenter dari Netflix Original yang dapat disaksikan pada program Belajar dari Rumah antara lain Our Planet, Street Food: Asia, Tidying Up with Marie Kondo, Spelling the Dream, Chasing Coral, dan Night on Earth. Dokumenter-dokumenter tersebut akan ditayangkan dalam terjemahan bahasa Indonesia.

Bela juga menambahkan, “Kami berharap masyarakat Indonesia dari berbagai lapisan usia dapat ikut belajar dan terinspirasi oleh alam yang sangat menakjubkan ketika menyaksikan dokumenter Our Planet dan Night on Earth, atau oleh cerita tentang kegigihan dan penjelajahan seperti dalam dokumenter Spelling the Dream dan Street Food: Asia.”